Ratu Kecantikan Ini Dihukum Mati Karena Tikam Pacar hingga Tewas

Sebuah pengadilan di Kenya menjatuhkan hukuman mati kepada seorang ratu kecantikan berusia 24 tahun setelah terbukti membunuh kekasihnya.

Ratu Kecantikan Ini Dihukum Mati Karena Tikam Pacar hingga Tewas
capture tribunnews.com
ilustrasi pisau 

BANGKAPOS.COM- Sebuah pengadilan di Kenya menjatuhkan hukuman mati kepada seorang ratu kecantikan berusia 24 tahun setelah terbukti membunuh kekasihnya.

Ruth Kamande, yang memenangkan kontes ratu kecantikan di dalam penjara, menikam kekasihnya Farid Mohammed (24) sebanyak 25 kali pada 2015.

Baca: Mengaku Banyak Ditaksir Pria, Ini Nama Cowok Pertama yang Ditolak Marion Jola

"Saya ingin para pemuda tahu bahwa tidak ada bagusnya membunuh kekasih kalian meski kalian merasa kecewa atau frustrasi. Jangan lakukan itu," kata hakim pengadilan tinggi Kenya, Jessie Lesiit saat membacakan vonis pada Kamis (19/7/2018).

"Sebaliknya, lebih baik jika kalian meninggalkan dan memaafkan kekasih kalian," ujar hakim Jessie.

Hakim menuduh Ruth memiliki perilaku manipulatif. Salah satu buktinya adalah dia membongkar telepon genggam korban dan tak menunjukkan penyesalan atas perbuatannya.

Baca: Inilah 7 Dessert Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Mobil, Cupcake Saja Rp 14,4 Juta

"Saya kita memberi terdakwa hukuman lain selain hukuman mati malah akan membuatnya menjadi seorang pahlawan," hakim Jessie melanjutkan.
Sementara itu, organisasi pembela HAM Amnesti Internasional menilai hukuman yang dijatuhkan kepada Ruth Kamande amat kejam, tak berperikemanusiaan, dan kuno.

"Hukuman ini merupakan pukulan hebat bagi Kenya yang selama ini sudah mengubah hukuman mati dengan hukuman penjara," kata Direktur Amnesti Internasional Irungu Houghton.

Namun, bagi keluarga korban hukuman mati yang diberikan hakim sudah setimpal dengan perbuatan Kamande.

"Kami bahagia hari ini telah tiba dan keluarga mendiang ada di pengadilan saat keputusan dibacakan," ujar bibi korban Emmah Wanjiku berlinang air mata.

Baca: HP Wulan Guritno Dicuri saat Live di Ajang Kontes Kecantikan, Ini Pesannya untuk Pelaku

"Dia baru saja mendapatkan pekerjaan sebelum hidupnya diakhiri," tambah Emmah sambil terisak.

Sementara itu kuasa hukum Kamande menegaskan, dia akan mengajukan banding ke mahkamah agung Kenya. Sejak 1987, pemerintah Kenya sudah menghentikan praktik hukuman mati.

Baca: Begini Gaya Para Artis Ketika Mengantar Anaknya Sekolah, Yuk Intip Potretnya

Pada 2017 MA Kenya menegaskan hukuman mati untuk pembunuhan dan perampokan bersenjata tidak konstitusional. (Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Tikam Kekasihnya Hingga Tewas, Ratu Kecantikan Kenya Dihukum Mati

Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved