Peringati Hari Mangrove Dunia, Ikebana Tanam 5.000 Bibit Bakau dan Pelepasan 500 Kepiting

Peringatan hari magrove dunia ini sudah dicatat di PBB namun hanya beberapa daerah yang memperhatikan kerusakan alam magrove

Peringati Hari Mangrove Dunia, Ikebana Tanam 5.000 Bibit Bakau dan Pelepasan 500 Kepiting
bangkapos/nurhayati
Ketua Yayasan Ikebana Ervawi menerima bantuan dari PT Timah Tbk dan PLN untuk melestarikan magrove, Selasa (24/7/2018) di Pantai Rebo Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Yayasan Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana) diketuai Ervawi bekerjasama dengan Pemprov Babel, Pemkab Bangka, PT Timah Tbk dan PLN Peduli memperingati Hari Peringati Hari Mangrove Sedunia, Selasa (24/7/2018) di Pantai Rebo.

Peringatan Hari Mangrove Sedunia ini dilakukan dengan penanaman mangrove sebanyak 5.000 bibit dan pelepasan kepiting sebanyak 500 ekor di Pantai Rebo.

Diakui Ervawi peringatan hari magrove dunia ini dilakukan oleh Ikebana dengan menanam balau di lahan tandus seperti di pesisir Pantai Rebo.

"Peringatan hari mangrove dunia ini sudah dicatat di PBB namun hanya beberapa daerah yang memperhatikan kerusakan alam magrove," ungkap Ervawi.

Dia menilai mangrove bukan sekedar untuk menahan abrasi tetapi bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurutnya jika magrove tumbuh subur maka banyak ikan, kepiting, udang dan biota laut lainnya yang bisa menjadi penunjang ekonomi masyarakat.

"Kita ingin memberdayakan masyarakat sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat. Hari ini Alhamdulillah kita akan menanam 5.000 bibit bakau dan 500 kepiting mudah-mudahan kepiting yang dilepas tidak ditangkap orang," harap Ervawi.

Yayasan Ikebana konsen menanam bakau sejak tahun 2009 hingga tahun 2018. Bahkan ada bakau yang sudah setinggi enam meter yang ditanam bersama dengan Bupati Bangka terpilih Mulkan yang dulu masih menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bangka pada tahun 2009 lalu.

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah memberikan apresiasi kepada Yayasan Ikebana yang selama ini sudah menjadi pejuang lingkungan.

"Saya atas nama pribadi sangat berterima kasih ada umat manusia yang di Kabupaten Bangka yang namanya Ervawi. Saya berterima kasih adanya Ikebana," ungkap Rustamsyah.

Dia juga memberikan apresiasi untuk PT Timah Tbk, PLN peduli, Pemprov Babel dan Pemkab Bangka ada dukungannya terhadap Ikebana.

Rustamsyah berharap jejak Ikebana ini juga diikuti pihak-pihak lain yang berkomitmen melestarikan lingkungan.

"Ini milik kita warisan orang tua kita, sampai titik penghabisan magrove harus tetap ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tegas Ervawi.

Peringatan Hari Mangrove Dunia ini diikuti langsung oleh Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan, Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Bupati Bangka Terpilih Mulkan, Anggota DPRD Babel,Perwakilan PT Timah Tbk, Perwakilan PLN Wilayah Babel, Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Dandrem, Danlanal, Polres Bangka, Alobi, para siswa-siswi SD, SMP dan SLTA di Sungailiat.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help