PLN Peduli Bantu Nelayan Sungaiselan Tingkatkan Produksi

Mobil bantuan dari PLN ini sangat bermanfaat untuk operasional kami berikutnya. Ikan hasil tangkapan sesampainya

PLN Peduli Bantu Nelayan Sungaiselan Tingkatkan Produksi
Ist
Nelayan Sungaiselan 

BANGKAPOS.COM--Persoalan peningkatan produktivitas, acapkali menjadi permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para nelayan.

Untuk membantu dan berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan tersebut, PLN Wilayah Bangka Belitung melalui program PLN Peduli bersama dengan masyarakat melakukan program strategis yaitu program CSR berkelanjutan berbasis pemberdayaan.

Dimana hal tersebut selaras dengan Pemerintah daerah yang juga memiliki program peningkatan kesejahteraan dan peningkatan hasil tangkapan nelayan.

Program diawali dengan pembinaan komunitas, melalui wadah berupa koperasi yang sudah diakui oleh dinas koperasi Kabupaten Bangka Tengah.

Kemudian, secara bertahap dalam kurun waktu tiga tahun bantuan diberikan untuk mengurai permasalahan anggota satu demi satu.

"Bantuan pertama dengan menyalurkan jaring penangkap ikan sebagai pengganti cantrang yang pada saat itu dilarang oleh kementerian perikanan, hal ini membantu para anggota karena dapat dibagikan kepada anggota untuk memperluas daya terjang jaring sehingga hasil tangkapan menjadi lebih banyak” ungkap Usmin, Ketua Koperasi Koneli, Sungaiselan.

“Lebih dari itu, di tahun berikutnya, PLN terus membina kami. Kali ini dengan menyalurkan dua unit kapal pengangkut ransum dan ikan” jelas Usmin.

Ia menambahkan bahwa kapal tersebut sangat berfungsi untuk meningkatkan usaha koperasi, karena kapal digunakan berangkat ke tengah laut untuk menjual ransum (bahan makanan) kepada nelayan di tengah laut, dan membawa ikan hasil tangkapan sekembalinya ke pelabuhan.

"Dengan demikian nelayan dapat membeli ransum dengan harga terjangkau dan menjual ikan hasil tangkapan ke koperasi dengan harga yang bersaing sesuai dengan harga pasaran, di sini koperasi koneli mulai tumbuh” imbuh Usmin.

Pembinaan berkelanjutan berbasis pemberdayaan yang berujung pada kemandirian terus dilakukan oleh PLN.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help