Hari Tanpa Hujan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bertambah Menjadi lima Wilayah

Hari Tanpa Hujan di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertambah dari dua wilayah menjadi lima wilayah

Hari Tanpa Hujan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bertambah Menjadi lima Wilayah
Dok/Bangkapos
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Hari Tanpa Hujan di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertambah dari dua wilayah menjadi lima wilayah.

Hal ini dikatakan Kepala seksi dan Informasi Stasiun Meteorologi klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, Rabu (25/7/2018).

Dikatakan Kurniaji saat ini sebagian besar daerah di wilayah Provinsi Babel telah mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) dengan level menengah (11-20 hari) diantaranya di wilayah Bangka Barat (Simpang Teritip, Mayang, Kundi, Muntok, dan Tempilang), Bangka Induk (Sungailiat dan Bakam).

Sedangkan untuk Bangka Tengah (Kampung Dul, Padang Mulia dan Penyak), Bangka Selatan (Sungai Selan, Payung dan Air Gegas), dan Belitung (Buluh Tumbang, Sijuk, Tanjung Bunga, Membalong, Perawas, Sungai Samak, Badau, Kacang Botor 1 dan 2 Pegantungan).

Sedangkan wilayah Babel lainnya termasuk ke dalam Hari Tanpa Hujan (HTH) dengan kategori pendek.

"Untuk wilayah Kabupaten Belitung Timur sendiri, dari 10 lokasi yang saat ini telah dilengkapi dengan sensor pengukur curah hujan, diketahui bahwa hanya wilayah Damar saja yang telah memasuki HTH dengan level menengah sedangkan lainnya masih dalam ketegori HTH pendek dan sangat pendek," ungkapnya kepada Bangkapos, Rabu (25/7/2018).

Beberapa wilayah yang saat ini telah masuk ke dalam wilayah dgn HTH level menengah besar kemungkinannya akan beranjak posisinya dari level menengah ke HTH kategori Panjang (21 - 30 hari) dan bahkan Kategori Sangat Panjang (31 - 60 hari) mengingat puncak musim kemarau diprakirakan akan terjadi pada minggu ke 3 Agustus hingga minggu ke 2 September.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help