Sekolah Swasta Minim Siswa, Ini Kata Pihak LPMP Babel

Kepala LPMP Babel Enang Ahmadi, menjelaskan ada sejumlah aspek yang mempengaruhi minimnya peminat pada sekolah-sekolah swasta tertentu.

Sekolah Swasta Minim Siswa, Ini Kata Pihak LPMP Babel
Ist
Kepala LPMP Babel, Enang Ahmadi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Enang Ahmadi, menjelaskan, ada sejumlah aspek yang mempengaruhi minimnya peminat pada sekolah-sekolah swasta tertentu.

Aspek tersebut di antaranya adalah terkait kebutuhan sarana dan prasarana, jumlah guru tetap yang kompeten, dan kesejahteraan guru-gurunya.

Menurut dia, sulit memungkiri, aspek-aspek ini, khususnya mengenai kesejahteraan guru, memengaruhi dan sangat membantu peningkatan kualitas sekolah swasta.

Pemerintah, kata dia, bisa membuat kebijakan-kebijakan untuk mengatasi ini. Soal isu kesejahteraan guru misalnya, pemerintah bisa memperbantukan guru PNS atau mengangkat guru honor dengan gaji memadai dan ditugaskan ke sekolah-sekolah swasta.

Dengan pola seperti ini, pemenuhan kesejahteraan guru tak akan membebani keuangan sekolah swasta. Kebijakan mengenai kesejahteraan guru di sekolah swasta, Enang menyontohkan, telah dilakukan di Kabupaten Bangka Barat.

"Jadi, Bupati Babar itu membiayai pengangkatan guru honor, ditempatkan di sekolah negeri, dan ditempatkan juga di sekolah swasta, dengan honor yang sama. Ini kami kira sangat bagus untuk dilakukan kalau memenuhi secara anggaran. Ini adalah sebuah model. Bahwa layanan pendidikan itu sebenarnya tak perlu ada diskriminasi," kata dia ditemui Bangka Pos di kantornya, Rabu (25/7/2018) siang.

Menurut Enang, pada dasarnya, tak perlu ada keraguan mengenai mutu pendidikan di sekolah swasta di Babel. Pemerintah telah berupaya untuk mendorong ini agar tumbuh ke arah positif.

Penerapan kurikulum K-13 misalnya, dinilai telah dilaksanakan seluruh sekolah SMA/K negeri maupun swasta di Babel. Pun begitu dari sisi pembiayaan oleh pemerintah daerah, yang menurut LPMP Babel, juga dinilai sudah cukup memadai.

Levelnya berdasarkan skala 1-5 sesuai standar nasional, beberada pada angka empat.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help