Klaim Belum Terdampak Kemarau, Ini Sumber Air Baku PDAM Pangkalpinang

Musim kemarau hingga saat ini dinyatakan belum berdampak bagi pelayanan PDAM Tirtapinang Kota Pangkalpinang

Klaim Belum Terdampak Kemarau, Ini Sumber Air Baku PDAM Pangkalpinang
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Direktur PDAM Kota Pangkalpinang Zuniar Nangtjik 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Musim kemarau hingga saat ini dinyatakan belum berdampak bagi pelayanan PDAM Tirtapinang Kota Pangkalpinang. Hal ini disampaikan Ditektur PDAM Tirtapinang Zuniar Nangtjik kepada Bangka Pos, Kamis (26/7/2018).

Dia mengatakan, hingga kemarin, kemarau belum berdampak pada sumber air baku milik PDAM. "Kami berusaha menambah sumber air baku kami, jumlah pelanggan tetap kami juga terhitung stabil, sehingga cadangan air itu cukup," katanya.

PDAM memanfaatkan sumber air baku di dekat kantor mereka sebagai sumber air baku tambahan. Ini diklaim bisa meningkatkan sekitar 50 persen dari empat titik sumber air baku yang telah ada sebelumnya.

"Ada sumber air baku di Kacangpedang yang belum kami sentuh sama sekali, tapi siap pakai. Kemudian yang di Bacang juga begitu. Artinya, kemarau sampai hari ini kami aman untuk sumber air baku. Cadangannya banyak," ucapnya.

Menurut Nangtjik, saat ini pihaknya memang tengah membenahi titik-titik sumber air baku PDAM. Sebagai contoh, kolong di dekat Jembatan 12, dari sebelumnya tidak ada, sekarang telah dipasangi mesin intake.

"Di Pedindang itu kami lagi bikin sumber air baku. Ini lagi pengadaan. Mudah-mudahan selesai. Yang jelas air dari Bukit Mangkok juga masih mengalir. Sekarang volume air kami posisinya maksimal," katanya.

Meski begitu, Nangtjik mengatakan, kualitas sumber air baku menurun pada saat kemarau ini. Persoalan ini diatasi dengan menerapkan pengolahan yang diklaim prima.

Nangtjik opitimistis kemarau tak akan banyak berdampak bagi pelayanan pihaknya. "Belum berdampak sampai saat ini," ucap dia. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help