Video

Video: Puluhan Nelayan Kepung Kapal Isap Produksi di Teluk Kelabat

Puluhan nelayan Belinyu Bangka dan Nelayan Bangka Barat tergabung dalam Forum Nelayan Teluk Kelabat Bersatu kembali beraksi.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Puluhan nelayan Belinyu Bangka dan Nelayan Bangka Barat tergabung dalam Forum Nelayan Teluk Kelabat Bersatu kembali beraksi. Mereka mengepung Kapal Isap Pertambangan (KIP) Blesing & Grace di perairan setempat, Kamis (26/7/2018)

Aksi demo ini sudah terjadi beberapa kali, sejak satu tahun tetakhir. KIP yang jadi sorotan nelayan selalu KIP Blessing & Grace karena hanya kapal isap inilah yang beroperasi di Teluk Kelabat bagian dalam.

Nelayan keberatan karena lokasi penambangan tersebut merupakan alur lalulintas dan wilayah tangkap nelayan.

Namun pihak kapal isap seolah tak perduli karena mereka merasa mengantongi ijin dari Pemprop Babel dan pihak terkait lainnya.

"Bakar..bakar...kapal isap harus pergi kalau tidak kami akan bertindak anarkis," teriak sejumlah nelayan di perahu saat mengepung kapal isap Blessing and Grace. Nelayan bahkan sempat akan menaiki kapal isap tersebut, namun dihalau oleh pihak kepolisian. Polisi tak mengijinkan nelayan naik, karena khawatir terjadi hal hal tak diinginkan.

"Kami keberatan karena Kapal Blesing ini sudah menggangu. Padahal berkali kali kami demo, tapi nyatanya tetap saja kapal Blesing beroperasi, " kata Syam, Nelayan Belinyu, saat memberikan keterangan kepada Bangka Pos Groups di atas perahu didampingi Direktur LKPI, Abu Hanif, Kamis (26/7/2018).

Sementara itu aksi demo masih berlangsung hingga tengah hari ini. Nelayan menggunakan perahu sekitar 30 unit masih merapat mengelilingi kapal isap tersebut.

"Kapal Isap Blesing harus segera pergi. Harus hengkang jangan menambang Teluk Kelabat lagi," teriak nelayan bernama Bujang, di perahu yang sama, Kamis (26/7/2018).

Sementara itu sebelumnya, Direktur Kapal Isap Blesing and Grace, Madjid alias Hendri Tan, sempat dihubungi Bangka Pos melalui pesan konfirmasi WA, Kamis (26/7/2018) siang.

Begitu juga Pengurus Kapal Isa Blesing and Grace, Della, dihubungi namun belum memberikan keterangan, Kamis (26/7/2018) siang.

Namun pada edisi beberapa waktu sebelumnya, Della sempat memastikan kepada Bangka Pos Groups, bahwa Kapal Isap Blesing and Grace beroperasi di Teluk Kelabat karena sudah mengantongi ijin dari berbagai pihak.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved