Ini Penyakit yang Dapat Menyerang Tubuh Pada Musim Kemarau

Memasuki musim kemarau, dengan kondisi cuaca yang terik, beberapa jenis penyakit bisa saja menyerang daya tahan tubuh

Ini Penyakit yang Dapat Menyerang Tubuh Pada Musim Kemarau
dok bangka pos
Dokter umum RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Marco Panjaitan. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Memasuki musim kemarau, dengan kondisi cuaca yang terik, beberapa jenis penyakit bisa saja menyerang daya tahan tubuh. Hal tersebut dikatakan oleh dokter umum RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Marco Panjaitan.

"Penyebaran penyakit menular biasanya cenderung menurun pada musim kemarau. Namun, bukan berarti menurunkan kewaspadaan kita terhadap ancaman penyakit," ujar Marco kepada Bangka pos, Jumat (27/7/2018).

Ia mengatakan, Musim kemarau biasanya disertai dengan keterbatasan air bersih, juga debu dan polusi udara yang semakin meningkat. Kondisi inilah yang kemudian akan berdampak pada kesehatan masyarakat.

Menurutnya, keterbatasan air bersih yang menyebabkan menurunnya sanitasi, biasanya diikuti dengan penyakit diare. Untuk itu, penyakit diare harus diwaspadai terutama di daerah-daerah yang mengalami krisis air bersih di musim kemarau.

Penyakit diare sendiri juga dapat mengakibatkan dehidrasi. Ditambah lagi dengan cuaca panas, kebutuhan cairan sehari-hari memang meningkat. Dengan begitu, asupan cairan harus ditingkatkan pada musim kemarau, walaupun tidak sedang terserang diare.

Banyaknya debu dan polusi di musim kemarau juga sering mengakibatkan kekambuhan pada penderita asma. Selain itu, kekambuhan juga sering terjadi pada orang yang memiliki sensitivitas atau alergi terhadap debu.

Bagi para penderita asma atau orang yang sensitif terhadap debu, disarankan memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help