Babel Kekurangan Tenaga Dokter Gigi

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Mulyono Susanto ditemui pada saat pelantikan Persatuan Dokter Gigi

Babel Kekurangan Tenaga Dokter Gigi
Bangka Pos/Putrie Agusti Saleha
Mulyono Susanto, Kepala dinas Kesehatan Babel 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Putrie Agusti Saleha

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Mulyono Susanto ditemui pada saat pelantikan Persatuan Dokter Gigi Indonesia pengurus wilayah Babel mengakui bahwa Babel masih kekurangan tenaga dokter gigi.

Mulyono mengakui penyebaran dokter gigi di Babel belum merata, hingga banyak masyarakat yang tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan tidak mendapatkan fasilitas dan penanganan kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

"Secara jumlah dokter gigi di Babel masih kurang, terutama juga pada penyebaran dokter giginya. Tidak semua puskesmas ada dokter giginya. Padahal itu merupakan standar akreditasi," ungkap Mulyono, sabtu (28/7/2018).

Ia menyebutkan bahwa beberapa dokter gigi di puskesmas tertentu harus merangkap ke beberapa daerah lainnya agar masyarakat dapat mendapatkan penyuluhan terkait kesehatan gigi dan mulut.

"Ada beberapa data yang kita punya dimana kita memiliki kendala yakni beberapa tenaga primer di puskesmas harus merangkap ke beberapa tempat," ujarnya.

Di sektor rujukan sendiri yakni dokter gigi spesialis diakui Mulyono hanya ada beberapa saja di Bangka Belitung.

"Kita juga masih kurang di sektor rujukan, dokter-dokter spesialisnya kita juga butuh tambahan lagi khususnya di kabupaten/kota dan rumah sakit rujukan, minimal ada satu saja," tuturnya.

Biasanya, menurut Mulyono di tiap-tiap puskesmas diharuskan memiliki 1 dokter gigi.

"Untuk di puskesmas biasanya minimal punya 1 orang tenaga dokter gigi, dan untuk rumah sakit memiliki dokter gigi spesialis sebagai rujukan," katanya.

Menurutnya, di Bangka Belitung sendiri tak banyak dokter spesialis gigi yang ada, mayoritas daerah yang memiliki dokter spesialis gigi ada di Sungailiat dan Pangkalpinang.

"Jumlah dokter spesialis gigi di Babel saya ga hafal ada berapanya. Tapi, paling banyak itu ada di Sungailiat dan Pangkalpinang, di daerah lain ada cuma beberapa tapi kalau yang lengkap ada di dua daerah tersebut," tutupnya. 

Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved