Beredar Pesan Berantai Terkait Radiasi Ponsel Akibat Gerhana Bulan, Ini Kata BMKG

Terkait beredarnya pesan berantai mengenai radiasi ponsel akibat gerhana bulan total, Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I

Beredar Pesan Berantai Terkait Radiasi Ponsel Akibat Gerhana Bulan, Ini Kata BMKG
Bangka Pos / Yudha Palistian
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Terkait beredarnya pesan berantai mengenai radiasi ponsel akibat gerhana bulan total, Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan  masyarakat diminta tak mudah percaya dengan berita bohong alias hoaks yang beredar tanpa sumber yang jelas terutama terkait peristiwa langka gerhana bulan total, Sabtu (28/7/2018).

Sebelumnya, beredar pesan berantai yang isinya memperingatkan masyarakat terhadap radiasi ponsel yang berbahaya akibat peristiwa gerhana bulan total.

Aji pun meminta agar masyarakat diminta lebih memercayai informasi-informasi yang disampaikan lembaga-lembaga resmi pemerintah, termasuk BMKG, yang disalurkan melalui berbagai saluran dan Website resmi.

Selain itu,  ia pun membeberkan bahwa BMKG Pangkalpinang  tidak melakukan pemantauan secara khusus untuk fenomena alam langka tersebut, dikarenakan yang ditugaskan memantau daru pusat adalah beberapa lokasi UPT saja.

"Untuk wilayah yang melakukan pengamatan dan sudah terangkum di Website resmi BMKG ada beberapa wilayah di Indonesia seperti Tarnate,  Ambon,  Jayapura,  Denpasar,  Waingapu,  Kupang,  Gowa,  Patalassang,  Palu, Manado, Mataram,  Tangerang, Jakarta,  Mata Ie, Bandung,  Padang Panjang,  Karangkates,  Banjarnegara,  Yogjakarta,  Bengkulu, dan Medan," jelas Aji kepada Bangkapos.

Peristiwa gerhana bulan yang terjadi pada 28 Juli 2018 dini hari merupakan peristiwa langka karena merupakan gerhana bulan total terlama pada abad ke-21.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved