Forum DAS Babel Gelar Ngupi dan Bekisah Soal Merawat Air dan Merawat Kehidupan

Kegiatan itu berbicara terkait penggunaan air dan persediaan air di Provinsi Bangka Belitung

Forum DAS Babel Gelar Ngupi dan Bekisah Soal Merawat Air dan Merawat Kehidupan
Bangkapos/RikiPratama
Forum DAS Bangka Belitung melaksanakan Ngupi dan Bekisah Bareng Wagub dan Forum DAS Babel, pada Sabtu (28/7/2018) di Ekowisata Mangrove Desa Kurau Barat, Bangka Tengah 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Forum DAS Bangka Belitung melaksanakan Ngupi dan Bekisah Bareng Wagub dan Forum DAS Babel,Sabtu (28/7/2018) di pondok Ekowisata Mangrove Desa Kurau Barat, Bangka Tengah.

Dalam kegiatan itu tujuan untuk bersama sama mengajak untuk merawat air, merawat kehidupan.

Kegiatan itu berbicara terkait penggunaan air dan persediaan air di Provinsi Bangka Belitung.

Wabup Babel Abdul Fattah terlihat hadir  mengatakan kepedualian terhadap lingkungan sangat dibutuhkan saat ini juga, karena air selain sumber kehidupan tetapi juga menjadi nilai tambah dalam meningkatkan perekonomian. 

Ia juga mengakui bahwa bukit Mangkol, yang kondisinya sudah gundul dan ditanami oleh tanaman lainya saat ini, sehingga berpengaruh pada kualitas air.

"Klaster pertama berkaitan dengan hulu seperti bukit Mangkol tanahnya sudah gundul dan sudah banyak tanaman lada, padahal sebagai tempat menyerap air, paling bagus iu ada di hulu apabila belum tercemari, seharusnya pada hulu paling utama dijaga,"jelas Fattah dalam diskusi Sabtu (28/7/2018) di Ekowisata Mangrove Desa Kurau Barat, Bangka Tengah.

Ia menjelaskan bahwa penataan air saat ini masih belum maksimal, banyak bukit gundul dan bagian hulu air tercemar karena tambang.

"Saat ini tidak optimal bukit tidak menghijaukan dan gunung serta bukit ada yang gundul itu,  untuk kebijakan seluruh penambang untuk berkewajiban melakukan reklamasi, cuman hanya kepatuhan regulasi dalam pelaksanaanya, sekian tanaman ditanam tapi tidak diikuti pemeliharaan tanpa memberikan manfaat,"jelasnya

Ia mengatakan selain tanggung jawab Provinsi, masalah air tanah juga memiliki kewenanganya di Kabupaten dalam menarik pajak untuk kepentingan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved