Suhu di Makkah 53 Derajat Celsius, Jemaah Lansia Harus Siapkan Mental Agar Tak Alami Masalah Psikis

Suhu di Makkah pada saat di Armina akan mencapai kurang lebih 53 derajat Celcius tentu di sana keadaannya lebih berat daripada di Madinah.

Suhu di Makkah 53 Derajat Celsius, Jemaah Lansia Harus Siapkan Mental Agar Tak Alami Masalah Psikis
bangka pos/dok
Para pengantar calon jemaah haji tahun 2018 melambaikan tangan kepada para calhaj di dalam bus saat pelepasan di Kantor Kemenag Bangka Belitung, Kamis (26/7/2018). 

BANGKAPOS.COM, MADINAH  - Orangtua rentan terhadap perubahan situasi baik perubahan eksternal seperti perubahan lingkungan maupun perubahan internal seperti perubahan situasi dalam tubuh misalkan kekurangan cairan.

Kerentanan akan semakin tinggi bagi jemaah yang memiliki penyakit yang menyertainya. Ini akan meningkatkan stres bagi jemaah tersebut.

Demikian disampaikan dr Miftakhul Huda Sp KJ yang menangani pasien psikiatri di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah.

Sejak dibuka tanggal 17 Juli 2018, Klinik Kesehatan Haji Indonesia telah merawat 17 pasien psikiatri, sebanyak 7 pasien telah kembali ke pondokan, dan mengevakuasi 4 pasien ke Makkah.

Jenis kelamin yang paling banyak dirawat adalah laki laki. Jemaah yang masih dirawat pada hari ini sebanyak 6 pasien.

Kasus psikiatri umumnya dipicu oleh kondisi sosial dan lingkungan yang sangat berbeda antara Saudi dan Indonesia.

Banyak jemaah haji harus beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi sosial yang baru.

Selain itu dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan jemaah haji mengalami perubahan tingkah laku.

Jika sudah mengalami gangguan psikiatri yang berat maka dapat dipastikan jemaah haji akan digantikan dan tidak bisa menjalankan ibadahnya dengan baik.

Huda menyatakan bahwa pasien psikiatri sebagian besar berumur di atas 60 tahun. Menurutnya, para Lansia ini tidak mudah untuk beradaptasi dan belajar hal-hal baru.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help