Bau Sampah di Lapangan Golf Girimaya Dikeluhkan Warga, Begini Kata DLH Pangkalpinang

"TUA-TUA JANGAN TUGIL. JANGAN AGIK BUANG SAMPAH DI SEPANJANG TROTOAR INI. LAH NGERTI LOM," demikian bunyi tulisan

Bau Sampah di Lapangan Golf Girimaya Dikeluhkan Warga, Begini Kata DLH Pangkalpinang
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Plang pengumuman yang dipasang di dekat TPS Liar, kawasan bukit lapangan golf Girimaya, Pangkalpinang, Senin (30/7/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - "TUA-TUA JANGAN TUGIL. JANGAN AGIK BUANG SAMPAH DI SEPANJANG TROTOAR INI. LAH NGERTI LOM," demikian bunyi tulisan di papan berwarna putih yang dilekatkan di pohon dekat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar kawasan bukit lapangan golf Girimaya. "Tugil" merujuk pada bahasa Bangka yang kurang lebih berarti bebal, sulit untuk mengerti atau sadar.

Tumpukan sampah di titik ini sebelumnya sempat dikeluhkan warga yang sering berolahraga jogging di kawasan ini karena menimbulkan bau tak sedap. Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang ‎sebelumnya memang berjanji akan memantau dan membersihkan TPS ini setelah mendapatkan keluhan warga.

Pengamatan Bangka Pos pada Senin (30/7/2018) pagi, tumpukan sampah tampak sudah dibersihkan dan terlihat relatif bersih di banding sebelumnya. Pada beberapa bagian terlihat bekas pembakaran.

Pengumuman bertanda RT 04 & M6 itu juga terdapat tulisan "SD 6 tahun, SMP 3 tahun‎, SMA 3 tahun... Hu.. MALU DONK". Tak tercium bau tak sedap seperti dikeluhkan sebelumnya. ‎

Meski begitu, di antara bekas sampah lama, masih ada saja satu buntelan sampah dalam plastik kuning yang seperti baru saja dibuang.‎ Tumpukan sampah juga masih terlihat di titik lain dekat titik yang baru dibersihkan ini.

Sebelumnya diberitakan, udara segar dan sejuk yang ditawarkan pepohonan rindang di kawasan bukit lapangan golf Girimaya, Pangkalpinang, membuat lokasi ini kerap dijadikan warga sebagai spot jogging. Namun, beberapa waktu terakhir, warga harus terganggu dengan keberadaan tumpukan sampah di beberapa titik. Keberadaan sampah ini menimbulkan bau dan dikeluhkan sejumlah warga yang melintas sewaktu jogging.

Warga berharap persoalan ini bisa diatasi.

"Tadi bau pas lewat sana. Cukup mengganggu sih. Kami berharap sampah itu bisa dibuang, jangan menumpuk di sana," kata Nopriana, warga Pangkalpinang‎ yang tengah berolahraga bersama satu anaknya, Kamis (26/7/2018) sore lalu.

"‎Pasti terganggulah, bau lewat situ,"‎ujar warga lainnya.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved