Bayi Baru Lahir Beserta Ibu Akan Dijamin BPJS Kesehatan Jika Lakuan Ini

kalau peserta mandiri, ibunya punya BPJS, selama lahirannya normal gak apa-apa. Anaknya diklaim

Bayi Baru Lahir Beserta Ibu Akan Dijamin BPJS Kesehatan Jika Lakuan Ini
Bangkapos/irakurniati
Case manager Rumah Sakit Depati Hamzah Pangkalpinang, Nurliana Simatupang 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Case manager RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Nurliana Simatupang mengatakan jaminan pelayanan bayi baru lahir sehat bagi peserta mandiri akan dijamin biayanya oleh BPJS Kesehatan

Baik untuk semua jenis persalinan seperti normal ataupun cesar, termasuk pelayanan bayi baru lahir beserta ibunya, dengan persyaratan ibu memiliki kartu JKN dan mendaftarkan calon anaknya agar termasuk dalam tanggungan. 

Ia menuturkan, apabila hanya ibu yang memiliki kartu JKN, sementara calon anak tidak terdaftar, maka hanya ditanggung biaya persalinan secara normal.

Sedangkan biaya tindakan maupun hal-hal kesehatan yang menyangkut bayi, dikenakan biaya sesuai tindakan yang diberikan oleh dokter. 

"kalau peserta mandiri, ibunya punya BPJS, selama lahirannya normal gak apa-apa. Anaknya diklaim masuk tanggungan ibunya. Tapi kalau anaknya lahir bermasalah, maka dikenakan biaya karena sudah termasuk pasien umum." ujar Nurli, Rabu (1/8/2018).

Pendaftaran calon anak ke BPJS bisa dilakukan memasuki usia kandungan tujuh bulan atau sudah mulai terdengar detak jantung bayi.

Ia menyebutkan, bagi peserta mandiri, harus melakukan pendaftaran calon anak ke BPJS tiap kali akan melahirkan. 

Lain hal nya dengan peserta BPJS PNS, POLRI maupun TNI. Biaya persalinan otomatis akan dijamin oleh BPJS hingga anak ketiga, tanpa melakukan pendaftaran.

Hanya saja dari pihak keluarga pasien harus melaporkan 3 x 24 jam diluar hari libur. 

Halaman
123
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved