Kadin Sebut Harga Pangan di Babel Stabil Jelang Idul Adha

Kalau demand dan supply itu seimbang, kita yakin bahwa harga tidak bergejolak. Kita lihat hasilnya saat ini bahwa ketika

Kadin Sebut Harga Pangan di Babel Stabil Jelang Idul Adha
Bangka Pos / Agus Nuryadhyn
Ketua Kadin Babel Thomas Jusman 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Kamar Dagang Indoneisa (Kadin) perwakilan Bangka Belitung,  Thomas Jusman mengatakan harga pangan stabil jelang idul Adha mendatang.

Hal itu terlihat dari tak ada kurangnya barang kebutuhan pokok yang dicari warga.

"Kalau demand dan supply itu seimbang, kita yakin bahwa harga tidak bergejolak. Kita lihat hasilnya saat ini bahwa ketika menjelang idul adha harga-harga bahan pokok itu pada posisi stabil.  Stabil bukan berarti tidak naik,” ujarnya kepada Bangkapos,  Rabu (1/7/2018).

Stabilitas harga bahan pokok dinilai berkontribusi menciptakan kondusifitas sehingga proses pembangunan dapat berjalan lebih baik ke depan.  

Thomas mengatakan, stabilnya harga pangan dikarenakan pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan yang dibantu Satgas Pangan proaktif memantau pendistribusian berbagai barang kebutuhan pokok.

"Jika dilihat di wilayah Babel,  permintaan yang paling melonjak adalah Ikan. Karena kebanyakan warga Babel katanya tidak sah jika tidak mengkonsumsi ikan," jelasnya.

Selain itu, aliran distribusi menjadi lancar dan isu terkait kekurangan bahan pokok bisa diminimalkan. Dampak akhirnya, harga pun menjadi tidak bergejolak. 

“Kita harus mengapresiasi kinerja itu, termasuk pemerintah melalui Kementerian Perdagangan,” ujarnya.

Pemantauan rutin yang dilakukan pemerintah diyakini pula menggerus upaya mafia pangan yang kerap memanfaatkan momentum lebaran mencari untung.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help