Dinas Pertanian Bateng Turun Langsung Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Kita sudah menyiapkan petugas dilapangan untuk melihat serta mengecek pengepul sapi, hari Senin

Dinas Pertanian Bateng Turun Langsung Periksa Kesehatan Hewan Kurban
Bangkapos/Riki Pratama
Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sunaryo 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Menjelang Lebaran Idul adha 1439 H pihak Dinas Pertanian Bangka Tengah akan melaksanakan pengawasan terhadap hewan Kurban yang akan disembelih pada lebaran Idul Adha nanti.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah Rusli melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sunaryo mengatakan bahwa pada saat ini pihak dinas belum turun langsung kelapangan melakukan pengecekan langsung terhadap hewan Kurban, namun kegiatan itu baru akan dilakukan pada Senin (6/8/2018) nanti.

"Kita sudah menyiapkan petugas dilapangan untuk melihat serta mengecek pengepul sapi, hari Senin nanti kita akan turun melihat kondisi dan stoknya bagaimana persediannya, ia kita lakukan seminggu sebelum Idul Adha. Nanti ada dokter hewan dilapangan akan melihatnya, semua itu sudah kita intruksikan,"kata Sunaryo kepada wartawan, Kamis (2/8/2018) diruang kerjanya

Ia mengatakan bahwa, keberadaan sapi di Bangka Tengah berasal dari peternak yang ada di Kecamatan Koba dan Kota Pangkalpinang.

"Kalau sapinya ini banyak dari Koba satu dan dari Pangkalpinang, sementara kalau kambing mereka bisnis kecil kecilan, yang sering berjualan di pinggir pinggir jalan, nanti sebelum pemotongan semua tempat itu akan kita periksa  kesehatan sapi dan kambingnya, di lihat secara fisik, dilakukan pemeriksan sebelum pertolongan dan sesudah di potong,"lanjutnya.

Selain itu, lanjutnya pada tahun ini juga pihaknya akan melakukan sosialisasi ke masjid dan melakukan pelatihan bagaimana tata cara pemotongan yang baik dan benar.(*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved