Udang Galah dan Ternak Sapi Andalan Desa Tugang

Keunikan yang dimiliki Desa Tugang adalah di desa ini terdapat satu lokasi sungai yang jadi pembelah antar Desa Tugang dan Desa Jebus.

Udang Galah dan Ternak Sapi Andalan Desa Tugang
Istimewa
Suasana Pesta Adat Naber Kam­poeng Desa Tugang 

BANGKAPOS.COM - Desa Tugang merupakan desa terluar di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

Desa ini kaya dan beragam keunikan di dalamnya. Seperti halnya dari segi letak desanya saja bila tidak cermat maka akan menyangka kalau desa ini bagian dari Kecamatan Jebus atau Kecamatan Simpang Teritip.

Desa Tugang terdiri dari empat dusun yaitu Dusun Sungkai, Dusun Bujang, Dusun Pisang dan Dusun Tugang.

Keunikan yang dimiliki Desa Tugang adalah di desa ini terdapat satu lokasi sungai yang jadi pembelah antar Desa Tugang dan Desa Jebus.

Oleh warga setempat disebut Jembatan Butun karena memang jembatan ini sebagai penyambung antar desa dan dijadikanlah sebagai lokasi memancing karena memiliki banyak satwa air seperti udang galah maupun ikan sembilang.

Oleh karena itu Pemerintah Desa Tugang melihatnya se­bagai potensi yang sangat sayang untuk tidak dikembangkan, seperti halnya lokasi perairan yang berpotensi memiliki hasil ekonomis. Maka disusunlah rancangan untuk mematenkan lokasi tersebut sebagai satu diantara spot andalan Desa Tugang.

Dengan menjadikannya lokasi pemancingan massal dengan penataan kawasan sekitar sungai menjadi kawasan ramah hijau dan ramah anak hingga membuat lokasi khusus pengembang biakan udang galah.

Udang Galah
Udang Galah (Istimewa)

Kepala Desa Tugang, Susiadi mengatakan selama ini lokasi perairan di sekitar Jembatan Butun selalu menjadi tempat warga memancing udang galah, ikan sembilang ataupun satwa air lainnya.

Terdapat juga hutan adat (hutan lindung) yang masih terjaga keasliannya dan menyimpan banyak nilai sejarah adat desa di dalamnya. Hal ini dikarenakan Bumdes Tugang yang belum terbentuk makanya hingga saat ini lokasi mana saja yang akan jadi potensi usaha dan potensi Desa Tugang masih belum dikerjakan dengan baik.

Dari sekian banyak potensi Desa Tugang, beberapanya adalah madu pelawan, madu hutan, udang galah, ikan sembilang dan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Bangka Belitung adalah lokasi peternakan sapi sekaligus tempat penggemukan yang terletak di Dusun Sungkai dan Dusun Tugang. 

Lokasi Peternakan dan Penggemukan Sapi Kelompok Ternak Jaya Makmur Desa Tugang
Lokasi Peternakan dan Penggemukan Sapi Kelompok Ternak Jaya Makmur Desa Tugang (Istimewa)
Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved