BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Di Jalur Penyebrangan

Diprediksi dalam beberapa hari kedepan terutama dijalur penyebrangan untuk perairan selatan bangka, utara bangka dan perairan selat karimata.

BMKG : Waspada Gelombang Tinggi Di Jalur Penyebrangan
Dokumen Bangka Pos
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM -– Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Depati Amir Pangkalpinang, potensi gelombang tinggi diprediksi dalam beberapa hari kedepan terutama dijalur penyebrangan untuk perairan selatan bangka, utara bangka dan perairan selat karimata.

Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan peringatan dini dari BMKG diberlakukan dari 3 hingga 6 agustus mendatang, namun gelombang tinggi tersebut tidak terlalu bepengaruh tetapi dijalur penyebrangan dengan ketinggian 3 hingga 4 meter.

“Yang paling dominan terjadi gelombang tinggi sekitar 4-6 meter diperairan Sabang, Mentawai, Bengkulu hingga Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan Jawa hingga Sumba, selat Bali -Lombok – selat alas bagian selatan,” ujarnya kepada Bangkapos, Sabtu (4/8).

Gelombang tinggi ini dipicu oleh kecepatan angin yang tinggi. Selain itu, kondisi ini diakibatkan adanya Mascarene High di Samudera Hindia (Barat Australia). Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya swell akibat dari kejadian mascarene high yang menjalar hingga wilayah perairan barat sumatera, dan selatan jawa hingga pulau sumba.

Mascarene High merupakan kondisi teanan tinggi yang bertahan di samudera hindia (barat australia) yng memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan selatan indonesia.

Sedangkan BMKG Pangkalpinang memprediksi gelombang tertinggi di wilayah babel mencapai 2 meter yakni di utara bangka dan selat karimata. Serta masyarakat turut mewaspadai gelombang bisa mencapai 3-4 meter di perairan selatan bangka, utara bangka dan selat karimata.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help