Aset Kabupaten Belitung Tumpang Tindih, Belitung Dapatkan Status WDP

Nilai Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung untuk melakukan pengelolaan terhadap manajemen, masih mendapatkan status Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Aset Kabupaten Belitung Tumpang Tindih, Belitung Dapatkan Status WDP
Pos Belitung/Disa Aryandi
Sahani Saleh 

Laporan wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM  - Nilai Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung untuk melakukan pengelolaan terhadap manajemen, masih mendapatkan status Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hasil ini didapat setelah Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) melakukan pengecekan dan menemukan masih terdapat aset Pemerintah tumpang tindih.

Selain tumpang tindih, ditemukan juga ada aset pemerintah yang terdahulu tidak memiliki dokumen. Adapula yang memiliki dokumen, namun nilai aset nya sangat kecil dan sangat tidak sebanding dengan biaya tim untuk melakukan penelusuran terhadap keberadaan aset itu.

"Ini aset-aset yang dari zaman Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dan aset - aset ini sedang diusahakan ditelusuri satu persatu. Ini salah satu yang membuat, Belitung masih mendapat nilai WDP," kata Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) kepada Pos Belitung, Minggu (5/8/2018).

Pemerintah telah membentuk tim khusus buat menelusuri sejumlah aset tersebut, dan menginventarisir kembali aset - aset ini agar memiliki status jelas. Sehingga dikemudian hari, tidak terjadi temuan BPK dan menjadi penghalang Belitung mendapatkan nilai WDP.

"Karena aset - aset ini, sebagian belum dilimpahkan kepada kami, dan barangnya tapi dokumennya tidak ada. Ada juga, dokumen ada barangnya tidak ada, kalau pun kami harus menelusuri, nilai barang itu sangat tidak sebanding lagi," ucapnya.

Kata Sanem, guna menelusuri berbagai aset tersebut terbilang sangat sulit, lantaran cukup banyak. Sebagian dari aset tersebut, tumpang tindih misalkan satu aset tercatat di Kabupaten, tercatat di Provinsi dan pemerintah pusat mengakui kembali aset itu.

"Nah ini problem yang dihadapi di daerah kami. Tapi mudah-mudahan kalau ini sudah selesai, kita bisa mendapatkan status WTP (wajar tanpa pengecualian) dan yang menjadi kita tidak mendapat status WTP kemarin karena aset," bebernya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved