LPMP Fasilitas Layanan Dasar Pendidikan Paket B Bagi masyarakat Adat Suku Sawang

10 orang masyarakat adat Suku Sawang Gantung dan enam masyarakat Gantung, kembali menjadi warga belajar

LPMP Fasilitas Layanan Dasar Pendidikan Paket B Bagi masyarakat Adat Suku Sawang
Istimewa
Suasana kegiatan belajar mengajar masyarakat adat suku Sawang di ruang kelas SDN 9 Gantung, Kamis (2/8/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

 BANGKAPOS.COM - Usia bukan menjadi alasan untuk menimba ilmu.

Sebanyak 10 orang masyarakat adat Suku Sawang Gantung dan enam masyarakat Gantung, kembali menjadi warga belajar pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Pendidikan Penyetaraan Paket B (Setara SMP) Tahun Anggaran 2018/2019, bertempat di ruang kelas SDN 9 Gantung, pada Kamis, 2/8/2018 lalu.

Kegiatan belajar mengajar ini merupakan salah satu bentuk upaya pemenuhan layanan dasar pendidikan kepada masyarakat Suku Sawang Gantong, yang diinisiasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Penelitian Air Mata Air (LPMP Amair) bersama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taruna Maju Kecamatan Gantung.

Pelaksanaan Pendidikan Penyetaraan Paket B ini keberlanjtuan dari Paket A (Setara SD) yang dilaksanakan pada 2015/2016 lalu oleh PKBM Taruna Maju bersama LPMP Amair dalam Semangat “Inklusi Sosial”.

Kegiatan belajar Paket B dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam satu minggu (setiap hari Senin dan Kamis) dimulai pada pukul 19.30 WIB – 21.30 WIB.

Kegiatan belajar didampingi oleh tujuh orang tenaga tutorial atau guru dengan delapan mata pelajaran yang diajarkan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PKN, Pendidikan Agama Islam dan Keterampilan Fungsional.

Yusman selaku Ketua PKBM Taruna Maju Kecamatan Gantung menyampaikan warga belajar (Peserta Paket) harus lebih memotivasi diri dalam keseriusan untuk belajar.

“Memang tidak mudah untuk mulai belajar dan bahkan mungkin ada rasa malu karena usia, namun saya harap warga belajar tetap semangat untuk memotivasi diri untuk perubahan yang lebih baik kedepan,” ujar Yusnanto (2/8/2018).

Yusnanto juga menyampaikan bahwa pihak PKBM Taruna Maju melalui dukungan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur siap untuk bersinergi dan memfasilitasi warga belajar Paket B sampai ketahap Ujian Akhir Nasional.

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved