Ini Pendapat Sopian Usai Tinjau Progres Penataan Kawasan Kumuh di Pasirputih,

Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian juga meninjau progres proyek penataan kawasan ‎kumuh di Jalan Ratna Raya

Ini Pendapat Sopian Usai Tinjau Progres Penataan Kawasan Kumuh di Pasirputih,
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Tinjau Pasar, Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian saat meninjau bangunan pasar Kemangi, kawasan Pasar Induk, Pangkalpinang, Senin (6/8/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Selain meninjau bangunan pasar Kemangi, kawasan Pasar Induk Pangkalpinang, Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian juga meninjau progres proyek penataan kawasan ‎kumuh di Jalan Ratna Raya, Kelurahan Pasirputih, Senin (6/8/2018) siang.

Ia dan sejumlah pejabat terkait tampak berjalan di sepanjang jalan yang tampak baru sudah diuruk di kawasan yang terletak tak jauh dari Pasar Induk Pangkalpinang ini.

Kawasan kumuh di Jalan Ratna Raya berbatasan langsung dengan alur sungai di belakang pasar ikan. Sejumlah pekerja dan truk terlihat menurunkan material di kawasan ini.

Sopian mengatakan, kawasan ini akhirnya ditata setelah Camat Bukit Intan dan warga sama-sama sepakat mengenai status lahan. Sebanyak 30 persen warga di kawasan ini telah pindah ke lokasi relokasi yang telah disiapkan pemerintah.

"Kami beri deadline, sampai November, rumah-rumah yang tidak layak huni ini untuk pindah. Mereka akan bangun sendiri di tempat yang telah kami atur dan kami bagikan di sepanjang kawasan ini," kata Sopian kepada sejumlah wartawan.

Sebenarnya kata Sopian, ‎lokasi pemukiman kumuh di Kelurahan Pasirputih tak hanya di Jalan Raya Ratna. Lokasi lainnya adalah di wilayah kawasan Air Asin.

Pemerintah, menurut dia, dilematis menyikapi kawasan Air Asin tersebut. Sebab, lahan yang ditempati warga adalah aset Pemkot Pangkalpinang.

"Yang lebih susahnya, itu sudah ditetapkan sebagai kawasan jalur hijau. Karena sudah ditetapkan begitu, lahan ini tidak bisa diganggu-gugat. Apalagi kementerian menargetkan RTH itu 30 persen," katanya.

Kata Sopian, ‎pemerintah akan berusaha penduduk di kawasan Air Asin untuk direlokasikan ke rusunawa. Tetapi, rencana ini masih perlu dikomunikasikan dengan warga setempat.

"Supaya mereka (warga) dapat dengan rela pindah (ke rusunawa) seperti di kawasan Jalan Ratna Raya ini," ucap Sopian.‎ (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved