Bocah Usia 3 Tahun Menderita Diabetes Diduga Gara-gara Sering Minum Susu Kotak Kemasan

Seorang pengguna Facebook bagikan cerita mengenai anak dari teman kerjanya yang menderita penyakit diabetes di usianya yang masih kecil.

Bocah Usia 3 Tahun Menderita Diabetes Diduga Gara-gara Sering Minum Susu Kotak Kemasan
Bocah berinisial A berumur 3 tahun derita diabetes, unggahan Facebook Hendra Dwi Hermawan, pada Senin (30/7/2018) 

BANGKAPOS.COM  - Seorang pengguna Facebook bagikan cerita mengenai anak dari teman kerjanya yang menderita penyakit diabetes di usianya yang masih kecil.

Unggahan tersebut dibagikan akun Facebook bernama Hendra Dwi Hermawan pada Senin (30/7/2018) dan telah dibagikan ulang 9,3 ribu kali dan dikomentari sebanyak 3,7 ribu komentar.

Dilansir Tribun Video dari akun Facebook tersebut, pengunggah memberi keterangan bahwa bocah berinisial A (3) sudah harus rutin pakai insulin atau jarum suntik.

Bocah berusia tiga tahun itu dikabarkan mengidap diabetes lantaran sering mengkonsumsi susu kotak dan minuman yang manis-manis.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari dokter maupun lokasi bocah malang tersebut dirawat.

Terakhir saat dibawa ke Rumah Sakit Hermina, gula darah anak tersebut mencapai 624 mg/dL.

Dilansir dari hellodokter gula darah orang normal yakni antara 70 hingga 200mg/dL.

Angka tersebut melalui cek Gula Darah Sewaktu (GDS) artinya tes secara acak ini bisa dilakukan sebelum atau setelah makan, karena kadar gula darah setiap orang berganti, tergantung kita sudah makan atau belum.

Orang yang melakukan tes gula darah sebelum makan akan berbeda hasilnya dari setelah dia melakukan tes setelah makan.

Kasus yang sama terjadi pada anak artis Tike Priatnakusumah pada 2017 lalu.

Dilansir dari Bangkapos, Anak Sulung Tike bernama Latisya Rayya Arifiti yang pada tahun 2017 menginjak usia sembilan tahun, juga menderita diabetes lantaran sering mengkonsumsi minuman manis.

“Ya, antara tipe 2 atau mungkin karena memang konsumsi gulanya saja yang berlebihan waktu itu. Karena Latisya memang sangat suka minum minuman kemasan dan bereksperimen dengan susu. Dia suka bikin milkshake,” jelas Tika.

Keluhan Latisya yang tiba-tiba sering buang air kecil dalam sehari dan ngompol selama tiga bulan terakhir pun menjadi salah satu dari Gejala 3P (Polifagi, Polidipsi, dan Poliuri) yang dinyatakan oleh World Diabetes Foundation (WDF) sebagai tanda awal mencurigai diabetes.

Dilansir dari nakita.id, bila warna dalam bagian belakang leher, siku, atau buku-buku jari tangan menjadi lebih gelap dan bersisik padahal cukup rajin perawatan, kondisi tersebut bisa menjadi peringatan awal dari kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help