DJPb Babel Dorong Pelaksanaan Anggaran Semester II 2018 Lebih Baik Lagi

Uang APBN ini dikelola bukan untuk aparatnya, tapi untuk rakyat. Khususnya yang terkait belanja

DJPb Babel Dorong Pelaksanaan Anggaran Semester II 2018 Lebih Baik Lagi
BANGKA POS/ DEDY QURNIAWAN
Kepala Kanwil DJPb Babel Supendi saat paparan pada rakorda pelaksanaan anggaran semester I tahun 2018 di ruang pertemuan Kantor Kanwil DJPb Babel, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, ‎Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Wilayah Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengundang sekitar 70 satuan kerja (Satker) ‎dan mitra kerja mereka pada rapat koordinasi (rakor) daerah pelaksanaan anggaran semester I tahun 2018, Rabu (8/8/2018) di ruang pertemuan Kantor DJPb Babel, Jalan Solihin GP, Pangkalpinang. 

Kepala Kanwil DJPb Babel Supendi mengatakan, rakorda digelar terkait hasil penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Kanwil DJPb Babel semester I tahun 2018. 

Pihaknya mengundang satker dan mitra kerja guna mendorong agar pelaksanaan anggaran semester II 2018 lebih baik atau minimal bisa dipertahankan.

"Ini bagian ‎dari apresiasi kami bahwa mereka telah melaksanakan pengelolaan keungan negara dengan baik, nilainya juga lebih baik‎," katanya kepada Bangka Pos seusai rakorda tersebut.

Supendi mengatakan, nilai IKPA DJPb Babel pada semester I tahun ini mencapai nilai 92,1 dan berada di urutan ke-2 dari DJPb se-Indonesia. Capaian ini jauh lebih baik dibandingkan semester I tahun lalu.

"Kami berharap yang sudah tercapai ini dijaga, bagi satker yang sudah bagus, minimal menjaga, mempertahankan. Bagi yang belum, ya ditingkatkan. Mudah-mudahan termotivasi untuk memperbaikinya," ucap Supendi.

IKPA dinilai berdasarkan 10 indikator seperti revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), pertanggungjawaban uang persediaan, penyelesaian tagihan, penyerapan anggaran, dan berbagai indikator terkait pelaksanaan anggaran lainnya. ‎

Menurut Supendi, ada beberapa indikator yang masih di bawah nilai 90 yakni penyampaian data kontrak‎.

"Jadi kami menyampaikan indikator-indikator ini, dan mengingatkan rekan-rekan kami untuk langkah-langkah strategis untuk pelaksanan anggaran semeseter 2 sampai akhir tahun," ujarnya.

Supendi mengatakan, kecepatan, ketepatan, dan kebenaran pelaksanaan anggaran tiap tahun pada akhirnya akan bermuara pada kesejahteraan rakyat. ‎

"Uang APBN ini dikelola bukan untuk aparatnya, tapi untuk rakyat. Khususnya yang terkait belanja barang dan modal. Ada pihak lain yang mendapatkan dampak dari pengelolaan keuangan negara ini. Sektor-sektor rill di masyarakat itu bisa lebih hidup. Kalau ini dilaksanakan bersama komitmennya, uang negara jadi produktif. Bukan hanya penyerapan anggarannya, tapi berdampak pada output dan outcome-nya ke publik sesuai perencanaan satker masing-masing," beber dia.

DJPb Babel melayani 251 satker di Pulau Bangka dan 43 satker di Pulau Belitung.‎

Mereka misalnya melayani penyaluran dana dekosentrasi dan tugas pembantuan untuk Pemprov Babel, serta melayani penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan dana desa ke pemerintah daerah kabupaten/kota.‎ (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help