Kaeri Antusias Ikuti Bimtek Juru Sembelih Hewan Kurban

Kaeri tampak antusias mengikuti bimbingan teknis (bimtek) juru sembelih halal yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung

Kaeri Antusias Ikuti Bimtek Juru Sembelih Hewan Kurban
Bangka Pos / Adelina Nurmalitasari
Supriyanto mengajarkan para peserta bimtek cara menguliti kambing 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Kaeri tampak antusias mengikuti bimbingan teknis (bimtek) juru sembelih halal yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung di Desa Dukong, Tanjungpandan pada Selasa (7/8/2018).

Pria yang sehari-hari sebagai penjaga Masjid At-Taubah Air Serkuk ini bahkan tak segan berpura-pura seperti kambing, tatkala narasumber Drh Supriyanto mengajarkan para peserta cara merebahkan hewan kurban.

Perannya sebagai kambing yang terikat sesekali mengundang gelak tawa peserta lainnya.

"Belajar buat persiapan potong hewan kurban lebaran haji nanti," katanya disela-sela kegiatan.

Tak hanya Kaeri, kegiatan yang diadakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi petugas penyembelihan hewan kurban ini diikuti sejumlah 20 peserta.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan penjaga masjid hingga yang berprofesi sebagai penyembelih hewan atau jagal, misalnya Asparani.

Pria yang telah 20 tahun bekerja di rumah potong hewan ini pun tak mau ketinggalan mengikuti penjelasan narasumber mengenai cara merobohkan hewan, menyembelih, menguliti hingga memotong hewan.

"Buat nambah-nambah pengalaman. Jadi tau cara-cara yang benar," jelasnya.

Pada kegiatan ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung mendatangkan dua dokter hewan yakni Drh Supriyanto dari Yogyakarta dan Drh Sugeng Dwi Hastono yang juga merupakan wakil direktur LPPOM Lampung.(*)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help