Ini Kata Gubernur Babel Tentang Harga TBS Sawit Rendah

Kami sudah panggil dua kali perusahaan sawit untuk mendiskusikan ini, posisi kita sangat lemah disini, tapi kita jangan lemah, saat ini perusahaan

Ini Kata Gubernur Babel Tentang Harga TBS Sawit Rendah
Bangkapos/Nordin
Gubernur Babel menandatangani hasil rakor bersama Rabu (8/8), di Wisma Ranggam Muntok 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Erzaldi Rosman Djohan menanggapi harga
Tandan buah segar (TBS) sawit ditingkat petani dibawah harga Rp 1000.

Menurutnya, saat ini perusaan perkebunan sawit sedang panen TBS miliknya, sehingga mereka mengutamakan buahnya terlebih dahulu untuk diproduksi.

"Kami sudah panggil dua kali perusahaan sawit untuk mendiskusikan ini, posisi kita sangat lemah disini, tapi kita jangan lemah, saat ini perusahaan sedang panen TBS, jadi kita jual tinggipun percuma karena mereka pasti mengutamakan buah mereka terlebih dahulu," jelas Guburnur Rabu (8/8) kemarin.

Diapun tidak bisa berbuat banyak saat ini, hanya saja kepada perusahaan agar membeli TBS dari petani secara bergiliran ke kelompok mereka.

"Kalau kita mau harga tinggi, perusahaan tidak bisa nampung, karena ketika perusahaan lama mengolahnya barang ini bisa asam, mempengaruhi harga jualnya," lanjutnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, rencananya untuk mendongkrak harga jual TBS di tingkat petani akan di bangun pabrik minyak bekerjasama dengan BUMD.

Pihaknya tengah mengkaji pabrik ini bersama DPRD. Namun dirinya belum mau berkomentar banyak dimana dan kapan pabriknya akan di bangun.

" Mudah-mudahan dengan dibangunnya pabrik ini nantinya bisa memberikan angin segar bagi petani sawit kita," harapnya.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help