Kemenpora dan Dinas Pariwisata Tes Bakat Olahraga 400 Siswa di Pangkalpinang

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama bidang olahraga Dinas Pariwisata Pangkalpinang menggelar tes pemanduan bakat bagi 400 siswa

Kemenpora dan Dinas Pariwisata Tes Bakat Olahraga 400 Siswa di Pangkalpinang
Bangka Pos/ Dedi Qurniawan
Tes multi tahap bagian dari tes pemanduan bakat yang digelar Kemenpora bersama bidang olahraga Dinas Pariwisata Pangkalpinang di GOR Kacangpedang, Kamis (9/8/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama bidang olahraga Dinas Pariwisata Pangkalpinang menggelar tes pemanduan bakat bagi 400 siswa berusia 12-14 tahun di Pangkalpinang, 8-11 Agustus 2018. Tes berlangsung di GOR Kacangpedang.

Kasubbid Pemanduan Bakat Asisten Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora, Cepep Sumarna mengatakan ada 10 macam tes pemanduan bakat yang mereka lakukan. Semuanya terkait tes fisik.

Cecep mengatakan, pemanduan bakat ini digelar karena pihaknya ingin mengetahui gambaran keberbakatan olahraga di Pangkalp‎inang.‎ Tes ini merupakan tahap awal dari seseorang yang mau atau berbakat menjadi olahragawan.

Hasilnya nanti akan dikirimkan paling lama sebulan setelah tes dilakukan.

"Pengalaman yang sudah-sudah, dari 400 siswa, paling banyak 30 siswa yang memiliki kompetensi dan potensi menjadi seorang atlet. Kami berharap daerah bisa menindaklanjuti anak-anak yang memiliki bakat menjadi olahragawan ini untuk dibina," kata Cecep kepada Bangka Pos, Kamis (9/8/2018).

Kabupaten kota juga diharapkan bisa menerapkan hal serupa secara rutin. Tujuannya agar prestasi olahraga daerah tersebut bisa berkembang dan lebih baik.

"Program ini adalah stimulan dari pusat kepada daerah. Daerah bisa mencontoh tes ini karena ini bisa diselenggarakan secara mandiri di daerah masing-masing," ujar Cecep.

Sehari sebelumnya, Kemenpora melatih para instruktur di Pangkalpinang mengenai tes pemanduan bakat yang diadopsi dari Asutralia ini.‎

Kepala Seksi Pembudayaan Olahraga Dinas Pariwisata Pangkalpinang Mashur Samsuri mengatakan, 20 instruktur daerah dibantu tiga instruktur pusat kemudian terlibat dalam tes pemanduan bakat bagi 400 anak dari sejumlah sekolah menengah pertama di Pangkalpinang ini.

"Kami berterima kasih atas bantuan dari Kemenpora untuk mencari bakat-bakat olahragawan di Pangkalpinang ini untuk selanjutnya kami bina," kata lelaki yang biasa disapa Dimas itu. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help