Petani Sawit di Bangka Barat Keluhkan Harga Tandan Buah Segar Turun Drastis

Empat bulan terakhir petani sawit di Bangka Barat mengeluh harga tandan buah segar (TBS) di wilayah mereka turun drastis.

Petani Sawit di Bangka Barat Keluhkan Harga Tandan Buah Segar Turun Drastis
Bangkapos/Nordin
Kebun sawit milik warga di Desa Pasir Putih Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Kamis (9/8) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM -- Empat bulan terakhir petani sawit di Bangka Barat mengeluh harga tandan buah segar (TBS) di wilayah mereka turun drastis.

Biasanya rata-rata harga TBS Rp 1000 rupiah perkilogram, namun kini turun menjadi Rp 700-800 perkilogram.

Masdi (49) warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat menceritakan dirinya tidak tahu penyebabnya namun ini sudah berlangsung kurang lebih empat bulan.

"Apa-apa sekarang sudah turun semua, termasuk harga sawit, jual ke pengepul Rp 700 perkilogram, belum potongannya karena kualitas buah, bisa-bisa kami para petani ini tidak bisa berkebun lagi," keluh Masdi

Hal yang sama juga di ungkapkan Dayang (52), warga Simpang Ibul kecamatan Simpang Teritip, dikatakannya harga TBS yang tidak menentu membuat petani kecil menjerit.

" Kami hanya bisa pasrah mas ditengah harga buah sawit seperti ini, tidak di panen mubazir karena ini yang diharapkan, kita juga harus menghidupi keluarga dan memberi pupuk sawit-sawit kita. Mudah-mudahan bulan depan sudan naik lagi dari sekarang Rp 800 per kilogram," harapnya

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help