Bank Indonesia Wilayah Babel Dorong Masyarakat Agar Menukar Kartu ATM dengan Berlogo GPN

Bank Indonesia (BI) wilayah Babel dan perbankan saat ini sedang gencarnya mendorong para masyarakat agar menukarkan kartu ATM

Bank Indonesia Wilayah Babel Dorong Masyarakat Agar Menukar Kartu ATM dengan Berlogo GPN
Bangka Pos / Yudha Palistian
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika S 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Bank Indonesia (BI) wilayah Babel dan perbankan saat ini sedang gencarnya mendorong para masyarakat agar menukarkan kartu ATM menjadi Kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Adapun langkah itu dilakukan dengan menggelar kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di beberapa titik di wilayah Babel.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika S, mengatakan semua diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan bekerjasama dengan industri perbankan.

Ia pun menuturkan, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN. 

Selain itu, dengan GPN keamanan data lebih terjaga karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link). 

"Bahkan masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo," pungkas tantan kepada Bangkapos, Jumat (10/8).

Sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateaway), yakni GPN adalah sistem yang terdiri atas standard, switching,  dan services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme until mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help