Normalisasi Sungai dan Kolong Dianggarkan Rp 60 Miliar

Pemkot Pangkalpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum Tahun Anggaran 2018 menganggarkan Rp 60 miliar lebih untuk kegiatan normalisasi alur sungai

Normalisasi Sungai dan Kolong Dianggarkan Rp 60 Miliar
Bangka Pos / Edwardi
Sungai Rangkui Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemkot Pangkalpinang melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) pada Tahun Anggaran 2018 menganggarkan Rp 60 miliar lebih untuk kegiatan normalisasi alur sungai dan kolong di wilayah Kota Pangkalpinang.

'Tahun 2018 ini Pemkot Pangkalpinang menganggarkan lebih dari Rp 60 miliar untuk kegiatan normalisasi sungai dan kolong, dan di tahun 2019 kami melihat juga masih ada kegiatan tersebut. Angka ini cukup besar, harus ada evaluasi efektif atau tidaknya," kata Rio Setiady, Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Pangkalpinang, Jumat (10/08/2018).

Diakuinya, Komisi 3 ingin mengetahui sejauh mana efektifitas dan output dari kegiatan normalisasi alur sungai dan kolong di kota Pangkalpinang.

"Saya kira tidak banyak manfaatnya jika kita hanya membenahi bagian hilir sementara hulunya yang beririsan dengan Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka nyaris tak ada penanganan apapun," imbuhnya.

Rio berharap seharusnya Pemprov Babel ada perhatian terhadap masalah ini. Jangan sampai kejadian banjir seperti Tahub 2015 lalu terulang kembali.

"APBD Kota Pangkalpinang cenderung menurun antara tahun 2017 - 2019, maka belanja daerah sudah sepatutnya diarahkan pada kegiatan prioritas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," tegasnya.

Ditambahkannya, jika memang tidak efektif, maka Pemkot Pangkalpinang harus realistis dan fokus pada urusan wajib daerah saja.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help