Pekan Depan, 600 Orang Ikut Serta Kegiatan CCU Bersih Pantai

Sekitar 600 orang akan turut berpartisipasi dalam kegiatan Coastal Clean Up (CCO) Belitung 2018 besutan program Kementerian Lingkungan Hidup

Pekan Depan, 600 Orang Ikut Serta Kegiatan CCU Bersih Pantai
ISt
Pekan Depan, 600 Orang Ikut Serta Kegiatan CCU Bersih Pantai 

Laporan Wartawan POS Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Sekitar 600 orang akan turut berpartisipasi dalam kegiatan Coastal Clean Up (CCO) Belitung 2018 besutan program Kementerian Lingkungan Hidup, Senin (13/8/2018) pekan depan.

Rombongan yang terdiri dari kalangan pelajar (SD,SMP,SMA), komunitas lingkungan, komunitas pariwisata, jajaran OPD, masyarakat serta pelaku dunia usaha akan membersihkan area Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi.

‎"Jadi kami menerima tugas dari Kementerian untuk melaksanakan CCU ini. Program CCU ini baru tiga kali dilaksanakan, yaitu di Bali, Labuan Bajo dan Belitung," ujar Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung Roni Setiawan kepada posbelitung.co, Jumat (10/8/2018).

Ia mengatakan acara akan dibuka oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, KLH didampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Babel dan Bupati Belitung.

Sedangkan simbolis acara ditandai dengan pelepasan tukik dan burung etnik khas Belitung di Pantai Tanjung Kelayang.

Menurut Roni, sebenarnya kegiatan CCU dilaksanakan secara serentak di Pulau Belitung.

"Jadi setelah acara pembukaan nanti bersih-bersih pantai dilaksanakan secara serentak mulai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan ada juga di Pantai Nyiur Melambai, Kabupaten Beltim," katanya.

Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut diharapkan perubahan mindset masyarakat bahwa area pantai bebas dari sampah plastik.

Oleh sebab itu, dalam kegiatan satu hari itu tidak hanya bersifat bersih-bersih, tetapi sampahnya akan ditimbang dan diserahkan kepada kelompok pengelolah sampah di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk.

"Karena sampah ini kan sebenarnya punya nilai ekonomis, makanya ke depan kegiatan ini akan terintegrasi dengan program kami seperti bank sampah dan TPA 3R. Kalau semuanya berjalan, perlahan masalah sampah ini akan teratasi," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help