Masuk Musim Kemarau, Penyakit Kuning Serang Lada Petani di Belitung

Satu diantara Keluhan Petani Lada di Belitung , masih dijumpainya Penyakit kuning berupa pembusukan pada pangkal batang dan daun lada menguning.

Masuk Musim Kemarau, Penyakit Kuning Serang Lada Petani di Belitung
Ist
Seorang warga memetik buah lada di kebun lada milik Suhami di Desa Perlang Kecamatan Koba, Bangka Tengah 

Laporan wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -Satu diantara Keluhan Petani Lada di Belitung , masih dijumpainya Penyakit kuning berupa pembusukan pada pangkal batang dan daun lada menguning. Hingga produksi lada mereka belum maksimal.

Masalah penyakit ini masih menjadi momok bagi petani lada di Belitung yang sapai saat ini belum ada solusi cara mengatasinya.

Petani sejauh ini hanya bisa melakukan pencegahan, dan belum menemukan obat buat mengatasi.

Penyakit  Ini muncul, lantaran kemarau dan pasokan air kurang serta ditambah dengan adanya serangan panas matahari.

"Kendala kami dipetani itu sebetulnya sekarang. Sampai sekarang belum ada solusi, dan kami hanya bisa melakukan pencegahan saja, karena penyakit seperti itu tidak bisa diobati. Apalagi penyakit seperti ini, gejala awal tidak terlihat," kata Ketua Kelompok Tani Maju Desa Simpang Rusa, Janawi kepada Pos Belitung, minggu (12/8/2018).

Janawi, melakukan penanaman lada sekitar 1000 pohon dan satu pohon lada bisa menghasilkan 1 kilogram (kg) lada kering. Mereka belum bisa melakukan produksi lada pada satu pohon lebih dari 1 Kg.

"Itu lah memang maksimal, kalau pupuk sekarang kami menggunakan organik campur MPK. Sejauh ini memang kami belum menggunakan pupuk kompos, karena bahan nya susah," ujarnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help