Piala AFF U16

Sejarah Berliku Timnas U-16 Indonesia Hingga Akhirnya Meraih Juara Piala AFF

Indonesia punya sejarah berliku, pernah tak berpartisipasi, pernah juga absen karena sanksi FIFA, plus memori indah laga pertama Piala AFF U-16.

Sejarah Berliku Timnas U-16 Indonesia Hingga Akhirnya Meraih Juara Piala AFF
Surya/Sugiharto
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi (belakang, keenam dari kiri) bersama pemain, pelatih, dan ofisial Timnas U-16 Indonesia melakukan selebrasi setelah Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 usai mengalahkan Timnas U-16 Thailand melalui babak adu penalti dalam laga final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam. 

BANGKAPOS.COM -  Indonesia akhirnya meraih gelar perdana di Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Thailand pada edisi 2018 lewat drama adu penalti di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018) malam.

Indonesia punya sejarah berliku, pernah tak berpartisipasi, pernah juga absen karena sanksi FIFA, plus memori indah laga pertama turnamen ini.

 Piala AFF U-16 dimulai pada 2002 dengan nama resmi Piala AFF U-17.

Pada turnamen ini edisi pertama, Indonesia dan Malaysia menjadi tuan rumah dengan menunjuk Medan serta Kuala Lumpur sebagai pelaksana laga penyisihan.

Baca: Bagus Kahfi, Algojo Timnas U-16 Indonesia yang Ketajamannya Tak Pernah Kendur

Indonesia tergabung di Grup B pada turnamen edisi perdana 16 tahun silam.

Kala itu, timnas U-17 Indonesia gabung dengan Laos, Thailand, Kamboja, serta Filipina.

Sejarah dimulai pada turnamen ini oleh Indonesia saat bersua Thailand di Stadion Teladan, Kota Medan pada 19 Februari 2002.

Laga berakhir dengan kemenangan Indonesia dengan skor 2-1.

Kemenangan ini pun bisa ’tersambung’ ke sejarah terbaru Indonesia pada 2018.

Sebab, Indonesia untuk kali pertama jadi juara Piala AFF U-16setelah menang via adu penalti dengan skor 4-3 setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved