Belum Ada Parpol di Pangkalpinang Ajukan Protes DCS

Semenjak Daftar Caleg Sementara (DCS) pada 12 agustus lalu diumumkan, belum ada parpol yang mengajukan protes kepada pihaknya

Belum Ada Parpol di Pangkalpinang Ajukan Protes DCS
Dok/Bapos
M Yusuf 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, M. Yusuf, mengatakan sejauh ini semenjak Daftar Caleg Sementara (DCS) pada 12 agustus lalu diumumkan, belum ada parpol yang mengajukan protes kepada pihaknya.

"Sebelum proses penetapan DCS tersebut,  perwakilan para parpol sudah mendatangani validasi yang sudah ditetapkan oleh KPU Pangkalpinang pada 11 agustus lalu," ujar yusuf kepada Bangkapos di Kantor KPU pangkalpinang, Senin (13/8).

Diketahui, KPU Pangkalpinang pekan lalu telah menetapkan 423  bacaleg dari 16 parpol yang lolos verifikasi untuk kontes politik lima tahunan tersebut.

Ia pun mengatakan nantinya masyarakat diperbolehkan melihat DCS caleg. Masyarakat juga dapat melaporkan bila nantinya diketahui ada caleg yang bermasalah.

"Ketika DCS diumumkan kepada publik,  masyarakat pun memiliki kewenangan atau kesempatan untuk memberikan laporan apa pun bentuknya apakah orang-orang ini baik atau tidak. Mereka bisa sampaikan kepada kita," tegas yusuf.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019, pendaftaran caleg dilakukan pada 4-17 Juli 2018. Proses verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon pada 5-18 Juli 2018.

Penyampaian hasil verifikasi 19-21 Juli 2018. Perbaikan daftar calon dan syarat calon pada 22-31 Juli 2018. Verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon pada 1-7 Agustus 2018. Sedangkan penyusunan dan penetapan DCS pada 8-12 Agustus 2018.

Tahapan selanjutnya, akan ada masukan dan tanggapan dari masyarakat pada 12 Agustus-21 Agustus.

Lalu, permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS pada 22 Agustus-28 Agustus 2018.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help