Puluhan Penyandang Disabilitas akan Menjadi Petugas Upacara HUT RI 

langkah kaki teratur puluhan penyandang disabilitas menjajaki tiap jengkal lantai tanah halaman Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang.

Puluhan Penyandang Disabilitas akan Menjadi Petugas Upacara HUT RI 
Bangka Pos/ Yudha Palistian
Penyandang Disabilitas menerima arahan saat gladi resin dari Komite National Pemuda Indonesia (KNPI) wilayah Bangka Belitung di halaman rumah dinas Walikota Pangkalpinang. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Terik matahari pagi menjadi saksi, langkah kaki teratur puluhan penyandang disabilitas menjajaki tiap jengkal lantai tanah halaman Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, Senin (13/8/2018).

Mengenakan atribut pasukan pengibar bendera yang baru diberikan oleh pihak Komite National Pemuda Indonesia(KNPI) Babel, para penyandang disabilitas ini terlihat serius mengikuti gladiresik upacara Hut RI ke-73 mendatang.

Begitulah sepenggal gambaran kegiatan latihan upacara peringatan HUT ke-73 RI yang diikuti para penyandang disabilitas di halaman Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, Jalan Jendral Sudirman, Batin Tikal, Pangkalpinang, Senin (13/8/3018)

Ketua Komite National Pemuda Indonesia (KNPI)  wilayah Bangka Belitung, Muhamad Irham sekaligus pencetus ide awal untuk upacara tersebut, membenarkan bahwa semuanya adalah penyandang disabilitas.

"Memang benar pada upacara HUT RI mendatang di pelataran rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, semua petugas upacara adalah penyandang disabilitas," ujarnya.

Ia pun membeberkan,  dari pengibar bendera sepuluh orang adalah satu tunadaksa,  tujuh tunarungu,  dan dua tunagrahita plus tunarungu.  Serta pembaca teks proklamasi adalah tunatera dan pemimpin upacara adalah difabel atau hanya memiliki satu kaki.

Tak hanya itu,  petugas upacara adalah rata-rata dari SMA SLB serta usai kegiatan upacara bendera akan ada penampilan dari drum band SLB Sungailiat dan pangkalpinang.

"Saya rasa ini adalah kegiatan pertama dan baru pertama di Indonesia untuk melibatkan kaum disabilitas dalam upacara HUT RI, ketika kita melihat pengibaran bendera di gunung, di laut itu sudah terlalu biasa," tegas Irham dengan bangga.

Dalam waktu yang bersamaan,  Sekretaris KNPI Babel,  Remil Yanus Salalima mengatakan diperkirakan total yang mengikuti upacara mendatang yakni dari siswa SMA sebanyak 6 pleton,  SMP 6 pleton, SLB sekitar 200 orang,  Pramuka 4 pleton dan teman-teman dari KNPI Babel 1 pleton serta tamu undangan diperkirakan 200 orang.

"Pemerintah Provinsi Babel sangat mendukung kegiatan ini, terbukti yang akan menjadi pembina upacara kelak adalah wakil Gubernur Babel (Abdul Fatah). Serta sejauh ini,  tantangan yang tercipta selama tujuh hari latihan adalah komunikasi sebab mereka adalah disibalitias beragam sehingga kami pun harus menggunakan komunikasi khusus," jelasnya.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help