Alasan Forum Kicau Mania Babel Tolak Peraturan Menteri LHK

Forum Kicau Mania Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan aksi di depan Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)

Alasan Forum Kicau Mania Babel Tolak Peraturan Menteri LHK
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Penanggungjawab Forum Kicau Mania Babel, Harry Prsetyo. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Forum Kicau Mania Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan aksi di depan Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bangka Belitung, Selasa (14/8/2018) siang.

Aksi ini dilakukan serentak secara nasional yang menolak peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Penanggungjawab Forum Kicau Mania Babel, Harry Prsetyo mengatakan ada tiga jenis burung yang ditolak pihaknya masuk dalam katagori hewan yang dilindungi yakni Murai Batu, Jalak Suren, dan Anis Merah.

"Aksi ini kita sampaikan hanya satu menolak peraturan Menteri KLHK no 20 tahun 2018 yang ditetapkan ibu Siti Nurbaya, karena jenis tumbuhan dan hewan yang dilindungi yang meliputi murai batu, dan burung kicau lainnya dalam lomba burung ini sering dilombakan sebagai kelas utama," katanya usai berorasi di Halaman Kantor BKSDA Babel.

Ia mengatakan jika tiga jenis burung masuk dalam kategori hewan yang dilindungi, mereka tidak bisa lagi memiliki burung senilai jutaan rupiah ini secara bebas. Pasalnya, harus memiliki izin dan mengikuti berbagai ketentuan persyaratan.

"Kalau misalnya burung itu dilindungi harus mempunyai surat izin atau segala macam. Ini akan memberatkan kicau mania takutnya pada saat dilombakan lalu burung itu dilindungi, kita seperti menyalahi aturan burung-burung bisa disita, kita bisa kena denda berapa ratus juta dan sanksi hukuman pidana, makanya kita merasa dihantui," katanya.

Harry menyebutkan aksi ini dilakukan secara nasional dan serentak menolak peraturan menteri ini.

"Kita menolak ini secara nasional dan ini Se Indonesia, instruksi ini dari Forum Kicau Mania pusat, kita yang di daerah melakukan aksi di kantor BKSDA Babel, dan kita diterima untuk berorasi," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help