Kemarau, Ketersediaan Sumber Air PDAM Belitung Diprediksi Hanya Sampai September 2018

PDAM Kabupaten Belitung itu, memprediksi cadangan air para pelanggan termasuk rumah tangga masih memungkinkan hingga September 2018

Kemarau, Ketersediaan Sumber Air PDAM Belitung Diprediksi Hanya Sampai September 2018
Bangka Pos / Disa Aryandi
Kondisi PDAM IPA Air Serkuk, Tanjungpandan, Belitung, Selasa (14/8). 

Laporan wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Belitung itu, memprediksi cadangan air para pelanggan termasuk rumah tangga masih memungkinkan hingga September 2018 mendatang.

Belum terdapat penurunan yang sangat drastis hingga kemarin, meski kemarau sudah mulai melanda Kabupaten Belitung. Penyusutan ketersediaan air, hanya terjadi sekitar 30 persen saja.

"Kalau untuk satu bulan ke depan masih aman, karena kondisi sekarang tidak turun drastis. Ya penyusutan yang terjadi hanya sekitar 30 persen saja, jadi masih ada ketersediaan 70 persen," ucap Direktur PDAM Kabupaten Belitung Erwinta kepada Posbelitung.co.

Apabila di  September 2018 belum terjadi hujan, PDAM akan mengurangi jam layanan. Itu dilakukan untuk melakukan penghematan jangka panjang. Terutama untuk instalasi pengelolaan air (IPA) Perawas dan Dukong.

"Sedangkan buat IPA di Air Serkuk kami masih punya kolong cadangan yang bisa dimanfaatkan buat mengantisipasi musim kering. Mudah-mudahan tidak terjadi permasalahan, yang menghambat pelayanan," ujarnya.

Kata Erwinta, kendala yang biasa di alami oleh PDAM saat ini hanya teknis seperti ada permasalahan di mesin, dan listrik. Ia memastikan, kini pelayanan masih berjalan normal hingga sore hari. PDAM kini secara keseluruhan menampung 2500 pelanggan.

"Ya kalau hitungan - hitungan secara keseluruhan, sampai bulan Desember masih aman. Terkecuali IPA yang di Dukong, itu airnya tidak begitu banyak tapi mudah-mudahan masih cukup," ucapnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help