Kemenkumham Babel Pastikan Pemberian Remisi Tanpa Uang

Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham Bangka Belitung menegaskan tidak ada pungutan atau pembayaran untuk mendapatkan remisi.

Kemenkumham Babel Pastikan Pemberian Remisi Tanpa Uang
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham Bangka Belitung M. Hilal. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM  - Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham Bangka Belitung M. Hilal menegaskan tidak ada pungutan atau pembayaran untuk mendapatkan remisi.

"Dipastikan tidak ada sepeser pun pungutan untuk mendapatkan remisi. Semuanya gratis, asalkan warga binaan berkelakuan baik," katanya, Selasa (14/8/2018).

Ia menyebutkan untuk jumlah remisi juga tidak ditentukan oleh pihaknya, melainkan memang sudah ada aturan yang menentukan besaran jumlah remisi yang diterima napi.

"Paling sedikit 15 hari paling banyak ada yang beberapa bulan ini ada hitungannya dan tergantung masa pidana, misalnya 5 tahun 5 bulan, ada rumusnya enggak semata-mata kita menentukan," tambahnya.

Ia menyebutkan, untuk memberikan remisi merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pihaknya, hanya mengajukan menggunakan sistem online. Memang yang menjadi pertimbangan ialah penilaian kepala lapas terhadap warga binaannya.

"Kita pakai sistem online yang diusulkan UPT kita kirim ke pusat, karena pusat yang menentukan. Penilai kepala lapas berdasarkan data pembinaan si A dan B, bagaimana mengikuti pembinaan. Kalau dia melakukan pelanggaran masuk register F dan ini bisa saja enggak dapat remisi," jelasnya.

Hilal menyebutkan remisi merupakan reward dari negara bagi warga binaan yang sudah melakukan perubahan internal berupaya untuk berbuat baik untuk dirinya, bangsa dan keluarga.

"Esensi remisi ini merupakan reward untuk melakukan perubahan ke arah perbaikan ketika kembali ke masyarakat yang baik dan berguna," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help