61 Napi di Bangka Belitung Bebas saat Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia

Sebanyak 1.045 orang narapidana di tujuh lembaga permasyarakatan (lapas) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan remisi umum

61 Napi di Bangka Belitung Bebas saat Ulang Tahun Ke-73 Republik Indonesia
Bangka Pos/Krisyanidayati
Foto bersama dengan perwakilan napi yang mendapatkan Remisi di Lapas kelas II Pangkalpinang, Jum'at (17/8/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati 

BANGKAPOS.COM  -- Sebanyak 1.045 orang narapidana di tujuh lembaga permasyarakatan (lapas) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan remisi umum saat peringatan HUT ke 73 RI, Jum'at (17/8/2018).

61 napi diantaranya dinyatakan bebas setelah masa tahanannya dipotong remisi.

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Babel, Sulistiarso mengatakan tidak semua warga binaan lapas yang mendapatkan remisi.

"Remisi ini diberikan kepada mereka yang berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan, telah menjalani hukuman pidana lebih dari 6 bulan, dan 3 bulan untuk anak-anak. Tidak semua mendapatkan remisi," katanya saat penyerahan remisi di Lapas kelas II Pangkalpinang, Jum'at (17/8/2018).

Menurutnya, pemberikan remisi merupakan bentuk kepedulian negara akan kemerdekaan para warga binaan.

"Dengan diberikan remisi agar memberikan kemerdekaan yang merupakan hak asasi manusia bagi para warga binaan. Progam pembinaan tidak akan berhasil tanpa peran serta pemerintah, aparat penegak hukum, dalam ini juga peran dan instansi, dan media massa," sebutnya.

Ia berharap para warga binaan yang mendapatkan remisi ini, bisa menaati hukum dan norma yang berlaku di masyarakat.

"Pemberian remisi diharapkan mampu menyadarkan mereka agar bisa menjadj bagian untuk memberikan kontribusi bagi daerah dengan tidak melanggar hukum. Mereka dibina disini jauh dari keluarga ini merupakan ujian yang harus mereka lalui," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help