Wabup Minta Turun, tapi Johny Gala Tetap Nekat Panjat Tiang Bendera Sampai ke Ujung Demi Merah-Putih

Andigala nekat memanjat tiang bendera karena insiden tali bendera putus sehingga pengibaran bendera tidak bisa dilakukan.

Wabup Minta Turun, tapi Johny Gala Tetap Nekat Panjat Tiang Bendera Sampai ke Ujung Demi Merah-Putih
Istimewa
Joni, bocah yang panjat tiang bendera saat upacara Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Pos Lintas Batas, Atambua, NTT. 

BANGKAPOS.COM, OELAMASI - Aksi nekat Yohanes Andigala atau biasa disapa Johny Gala, siswa SMP memanjat tiang bendera di saat upacara HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, viral di media sosial.

Bukan karena berbuat ulah, tapi justru pelajar kelas VII SMPN Silawan melakukan aksi terpuji. 

Andigala nekat memanjat tiang bendera karena insiden tali bendera putus sehingga pengibaran bendera tidak bisa dilakukan.

Aksi nekat siswa ini memang sempat ditegur Wakil Bupati (Wabup) Belu, Drs. JT Ose Luan yang bertindak sebagai pembina upacara. Wabup meminta agar siswa tersebut tidak memanjat tiang bendera.

Baca: Bendera Terbalik Hingga Rok Melorot, Inilah 8 Kejadian Heboh Paskibraka saat HUT Kemerdekaan RI

Seorang warga Belu yang ikut pada upacara ini, Jansen Bau, kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (17/8/2018), menuturkan, saat kejadian itu semua peserta upacara panik.

Pasalnya, saat itu petugas pengibar bendera sudah siap melaksanakan tugas pengibaran bendera.

Ketiga petugas sudah mengikat tali bendera dan saat sang pengibar hendak membentangkan bendera merah putih, tali yang akan menaikkan bendera putus.

Jalannya upacara terus berlangsung dimana peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga selesai.

"Salah seorang warga begitu lihat insiden itu lalu datang ke barisan pelajar yang sedang siaga mengikuti upacara. Warga itu kemudian meminta Yohanes untuk maju memanjat tiang bendera untuk perbaiki tali bendera. Dengan tersenyum Yohanes maju lalu menaiki tiang bendera," jelas Jansen.

Yohanes Andigala, pelajar SMP Silawan yang nekat memanjat tiang bendera saat tali putus demi kibarkan Merah-Putih.
Yohanes Andigala, pelajar SMP Silawan yang nekat memanjat tiang bendera saat tali putus demi kibarkan Merah-Putih. (Foto Yansen Bau Untuk POS-KUPANG.COM)

Saat berada di pertengahan tiang bendera, lanjut Jansen, Wabup Ose Luan dari mimbar upacara meminta untuk tidak meneruskan memanjat tiang.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved