Listrik Untuk Pulau, Kado HUT Ke-73 Republik Indonesia dari PLN Babel

BERTEPATAN dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia, PLN memberikan kado manis untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Listrik Untuk Pulau, Kado HUT Ke-73 Republik Indonesia dari PLN Babel
ISt / PLN Babel
Tim PLN Babel ketika menyalakan listrik di Pulau yang ada di Bangka Belitung 

BERTEPATAN dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia, PLN memberikan kado manis untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun kado masni tersebut berupa aliran listrik di tiga pulau di Kabupaten Bangka Selatan yakni Pulau Kalapan, Pulau Tanjung Tinggi, dan Pulau Panjang.

Ketiganya merupakan destinasi wisata yang sudah 73 tahun lamanya tidak memiliki aliran listrik. Melalui PLN, Pemerintah berhasil menerangi satu demi penduduk yang tinggal di Pulau-pulau terpencil yang tersebar di wilayah Kepulauan Provinsi Bangka Belitung.

Pulau Kalapan misalnya, Pulau yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya ini akan dibangun satu unit pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 40 kilo watt (kW).

Progres pembangunan Pulau berpenduduk 28 kepala keluarga (KK) saat ini sedang tahap konstruksi dan ditargetkan selesai pada akhir November tahun ini.

“Sama halnya dengan Pulau Kalapan, Pulau Panjang yang berpenduduk 50 KK dan Pulau Tinggi dengan penduduk 40 KK saat ini sedang dibangun masing – masing satu unit PLTD berkapasitas 40 kW. PLN juga menargetkan kedua Pulau tersebut rampung pada akhir November 2018”. Ujar General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis.

Sebelumnya, PLN Babel berhasil melistriki delapan pulau yang tersebar di Bangka dan Belitung, yaitu Pulau Celagen, Pulau Pongok Pulau Nangka, Pulau Seliu, Pulau Gresik, Pulau Bukulimau, Pulau Sumedang dan Pulau Selat Nasik.

Dua Pulau saling berdekatan, yaitu Pulau Pongok yang berpenduduk 1.000 KK dan Celagen berpenduduk 300 KK mendapatkan penambahan kapasitas pembangkit masing-masing lima unit PLTD total kapasitas 1.000 kW untuk Pongok dan tiga unit PLTD dengan total kapasitas 300 kW untuk Celagen.

Dengan kecukupan daya listrik di Pulau yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan ini, Pemerintah Daerah berencana membangun cold storage dan pabrik es pada tahun 2019 nanti.

Pulau lain di Pulau Bangka yang berhasil dilistriki pada Juni 2017 yang lalu adalah Pulau Nangka. Dengan memasang dua unit PLTD total kapasitas 200 kW, dapat digunakan untuk melistriki penduduk berjumlah 104 KK.

Halaman
1234
Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help