Ratusan Warga Bersih Pantai Rebo, PPN Jalankan Instruksi Bu Susi

Ratusan warga mengikuti Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL), Minggu (18/8/2018) siang di Pantai Rebo

Ratusan Warga Bersih Pantai Rebo, PPN Jalankan Instruksi Bu Susi
Bangka Pos / Nurhayati
Kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL), Minggu (18/8/2018) siang di Pantai Rebo Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ratusan warga mengikuti Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL), Minggu (18/8/2018) siang di Pantai Rebo yang diselenggarakan pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat.

Kegiatan GBPL ini dibuka oleh Sekda Bangka Akhmad Mukhsin dimana melibatkan institusi KKP yakni karantina, satgas pengawas, DKP provinsi, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, kepolisian, Satpol PP Kabupaten Bangka, TNI, Polairud, Lanal Babel, pelajar, mahasiwa, pramuka, LSM, wartawan, pecinta lingkungan dan masyarakat Desa Rebo.

Menurut Kepala PPN Sungailiat, Tri Aris Wibowo, kegiatan GBPL program dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti dalam rangka memperingati HUT ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, melalui progam kegiatan bersih-bersih pantai menghadap ke laut yang dilakukan di 73 titik di daerah-daerah pesisir secara serempak di seluruh Indonesia.

"Kami ingin menunjukan kepada masyarakat luas betapa pentingnya kebersihan laut terhadap kehidupan kita karena sumber kehidupan dan penghidupan kita dari laut. Kalau nelayan sudah pasti dari laut. Orang yang bukan nelayan dia makan ikan, dia menikmati wisata baharinya, dia berlayar, dia juga naik kapal itukan menggunakan laut. Kalau lautnya bersih, lestari kita juga merasa nyaman, enak dipandang dan akan menghasilkan dari sisi pariwisata," jelas Tri kepada bangkapos.com.

Pihaknya memilih Pantai Rebo karena belum ada pengelolanya, dekat dengan masyarakat sehingga melalui aktivitas bersih-bersih pantai ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi terhadap masyarakat sekitarnya untuk terlibat dalam kegiatan bersih-bersih pantai.

Usai kegiatan kegiatan GBPL tersebut dilakukan gerakan menghadap ke laut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri, filosofi menghadap kelaut ini menurut Tri, laut itu indah dan bersih sehingga nyaman di mata dan nyaman melakukan aktifitas.

"Jadi simbolis dengan laut bersih kita menghadap ke laut itu dengan enak, senang dan nyaman," ujar Tri

Ia mengimbaukan semua lapisan masyarakat baik pengunjung pantai dan masyarakat sekitarnya untuk lebih peduli terhadap kebersihan pantai. "Pantai yang kotor kotorannya akan lari juga ke laut, nanti banyak plastik yang dimakan oleh ikan-ikan yang ada dilaut laut," ungkap Tri.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help