Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNNK Pangkalpinang Berharap Peran Aktif dari Masyarakat

BNN Kota Pangkalpinang mencatat sekitar 231 orang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba di tujuh kecamatan di Kota Pangkalpinang

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNNK Pangkalpinang Berharap Peran Aktif dari Masyarakat
Bangkapos/irakurniati
BNN Kota Pangkalpinang dalam forum komunikasi netizen anti narkoba berbasis media online, Senin (20/8/2018). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM - BNN Kota Pangkalpinang mencatat sekitar 231 orang untuk kasus penyalahgunaan narkoba di tujuh kecamatan di Kota Pangkalpinang tahun 2017 lalu. Diantaranya sebanyak 142 orang yang dilakukan rehabilitasi.

Maraknya penyalahgunaan narkoba tersebut dikatakan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, AKBP Ichlas Gunawan, perlunya kepedulian dari semua pihak bukan hanya saat pemberantasan, namun pada pencegahan agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Ichlas mengatakan, masyarakat tak perlu takut untuk melapor apabila mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba. Pihaknya pun akan melakukan tindakan untuk mengassesment pecandu, kemudian dilakukan rehabilitasi jika sesuai dengan hasil assesment tersebut.

Pencegahan penyalahgunaan narkotika juga diperlukan peran media untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Hal itu agar memunculkan kemandirian dalam diri masyarakat untuk paham mengenai penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut.

"Media sebagai wadah untuk memberikan pemahaman penyalahgunaan narkoba keada masyarakat. Dan masyarakat juga harus memposisikan diri untuk membantu pemberantasan. Caranya dengan, turut melaporkan jika mengetahui adanya penggunaan narkoba." ujar Ichlas, pada forum komunikasi netizen anti narkoba berbasis media online, Senin (20/8/2018).

Dirinya berharap adanya kesadaran dan kepedulian dari masyarakat untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Dengan ikut melapor jika mengetahui penggunaan narkoba. Demi mewujudkan Pangkalpinang bersih narkoba.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help