Dinas Kelautan dan Perikanan, Pasang Surut Air Laut Untuk Menganalisa Bencana

Pasang surut air laut banyak sekali manfaatnya terutama dalam menganalisa sebuah bencana.

Dinas Kelautan dan Perikanan, Pasang Surut Air Laut Untuk Menganalisa Bencana
istimewa
Koordinator BOOST Centre sekaligus Pengawas Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung, Kemal Taj. 

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM -- Koordinator BOOST Centre sekaligus Pengawas Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung, Kemal Taj mengatakan pasang surut air laut banyak sekali manfaatnya terutama dalam menganalisa sebuah bencana.

Ia menjelaskan seperti peristiwa banjir yang menggenang kota pangkalpinang beberapa waktu lalu, kondisi saat itu air menuju pasang tertinggi.

Berarti kondisi air masuk ke dalam, sedangkan hujan terus teejadi tanpa henti. Sehingga air hujan yg tumpah melalui sungai tidak bisa menuju laut karena tertahan air pasang yang masuk kedalam.

Air yang tertahan dan terangkat keatas menyebabkan banjir dan surutnya lama, karena saat itu kondisi perairan sedang pasang.

"Sedangkan manfaat untuk nelayan maupun kapal niaga adalah untuk menentukan waktu keluar masuk pelabuhan," jelas kemal kepada Bangkapos, Senin (20/8/2018).

Sedangkan dalam kondisi surut, nelayan maupun kapal niaga tidak bisa masuk ke pelabuhan. Karena bisa kandas, makanya perlu tabel pasang surut untuk menentukan kapan bisa masuk ke pelabuhan.

Sedangkan menurut BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang menyebutkan pasang air laut tertinggi di wilayah membalong kabupaten belitung mencapai 2,23 meter dan terendah pasang air laut di wilayah mentok bangkapos barat yakni 1,27 meter. 

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help