Limbah Hotel di Belitung Resahkan Warga, Ini Janji Pengelola dan Respon Pemerintah

Limbah Hotel La Lucia Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (20/8) membuat warga setempat protes.

Limbah Hotel di Belitung Resahkan Warga, Ini Janji Pengelola dan Respon Pemerintah
Bangka Pos / Disa Aryandi
Limbah Hotel yang mengalir di Selokan Umum

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -Limbah Hotel La Lucia Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Senin (20/8) membuat warga setempat protes. Limbah cair itu masuk ke selokan umum Jalan raya Tanjung Kelayang, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Kondisi itu, sudah dirasakan oleh warga sekitar terutama RT 11 Desa Air Saga sejak lama.

Perwakilan warga Desa Air Saga datang ke Hotel La Lucia ini bersama Komisi II DPRD Kabupaten Belitung, Pemerintah Desa (Pemdes) Air Saga dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung.

Di Hotel yang baru tiga bulan belakang beroperasi ini, rombongan itu langsung melakukan survey terhadap pengecekan limbah cair tersebut.

"Kondisi ini sudah dari awal, dan kami yang tinggal didepan Hotel ini setiap hari mencium bau busuk. Selama ini kami hanya diam, tapi kelihatannya tidak ada tindaklanjutnya, dan ini tidak bisa dibiarkan, dampak nya kami," kata warga setempat Anwar Ma'aruf kepada Pos Belitung, Senin (20/8).

Tokoh masyarakat setempat itu, meminta agar limbah cair ini sesegera mungkin diatasi. Bila perlu, sebelum permasalahan ini diselesaikan oleh pihak Hotel tersebut sebaiknya tidak beroperasi terlebih dahulu dan Pemerintah diminta harus tegas menindaklanjuti persoalan ini.

"Selama ini kami masyarakat tidak pernah dihargai dan diperdulikan. Seharusnya sebelum dilakukan operasi hotel ini, SOP nya pemerintah harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena kalau hanya janji - janji saja, kami tidak bisa, secepatnya secepatnya kapan kami tidak tau," ujarnya.

Buat melakukan penyelesaian terkait limbah cair yang mengeluarkan bau tidak sedap itu, mereka kemarin langsung melakukan pertemuan di ruang rapat Hotel La Lucia. Rapat tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala DLH Kabupaten Belitung Ubaidilah.

Sekretaris Desa (Sekdes) Air Saga Trisno hadir mengikuti rapat tersebut,  Ia mengaku memang sudah menerima laporan dari warga sekitar terkiat adanya pencemaran limbah cair disaluran umum Jalan raya, sehingga mengeluarkan bau tidak sedap.

Limbah tersebut muncul dari Hotel La Lucia, dan pemerintah Desa (Pemdes) setempat memang sudah berencana buat melayangkan surat kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung terkait permasalahan tersebut.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help