Tips Mengurus Sapi Kurban Versi Dinas Pertanian Bangka Belitung

Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta agar panitia kurban di masjid-masjid dapat melakukan penanganan sapi

Tips Mengurus Sapi Kurban Versi Dinas Pertanian Bangka Belitung
ilustrasi sapi kurban 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta agar panitia kurban di masjid-masjid dapat melakukan penanganan sapi dengan baik saat berada di masjid.

Kepala Dinas Pertanian Babel, Toni Batubara mengatakan biasanya sapi akan mulai didistribusikan ke masjid-masjid pada H-1 dan H-2 jelang lebaran Idul Adha. 

Ia menyebutkan tempat penyimpanan sapi harus terlindungi, asupan gizi seperti makanan juga harus sama seperti saat di peternakan.

"Ketika sampai di masjid tempatnya terlindungi jangan dijemur, karena mendekati hari H kondisi sapi harus sehat dan itu disyaratkan agama, memberikan makan sesuai jangan dikurangi makannya. Bila perlu tanyakan banyak makanan sapi penjualan, jadi konsentrat jangan sampai berkurang," ujar Toni, Senin (20/8/2018).

Ia menyebutkan, pada saat pemotongan apun jangan sampai nanti ada pemaksaan dan harus dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

"Sapi itu tau akan dikurbankan, kalau dia tidak diperlakukan dengan baik sapi akan stres bisa sakit, jadi beda hasil dagingnya," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help