Warisan Budaya Leluhur dan Sektor Laut Potensi Desa Rambat

Selain pantai, Desa Rambat juga memiliki varian potensi sektor lain seperti perikanan.

Warisan Budaya Leluhur dan Sektor Laut Potensi Desa Rambat
Istimewa
Perangkat Desa Rambat 

BANGKAPOS.COM - Desa Rambat Kecamatan Simpang Teritip Bangka Barat merupakan satu sekian ba­nyak desa di Bangka Barat yang memiliki pantai dan potensi menjadi kawasan wisata yang prestisius.

Selain pantai, Desa Rambat juga memiliki varian potensi sektor lain seperti ikan tri, tenggiri, kepiting rajungan, udang A dan cacing laut yang merupakan hasil tangkap nelayan.

Selain berprofesi sebagai nelayan, warga desa juga bermata pencaharian berkebun sahang dan karet sebagai sumber perekonomian untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi dengan kondisi penurunan harga jual beberapa komoditi seperti lada dan karet sejak beberapa tahun kebelakang hingga sekarang, hal itu sangat merugikan para petani.

“Untuk itu kami sebagai Pemdes Rambat berupaya mengurangi beban hidup masyarakat dengan memberikan bantuan-bantuan yang walaupun tidak cukup besar tapi bisa membantu mereka,” kata Kepala Desa Rambat, Ali Imron.

Desa Rambat ini lanjut Ali Imron, setiap tahun mempunyai prosesi pelestarian budaya yang masih kental dan dilaksanakan berupa Sedekah Laut (Taber Laot).

Terletak di Dusun Keranji Desa Rambat sebagai tempat dilaksanakannya prosesi tersebut.

Sedekah Laut ini merupakan upacara adat yang dilakukan masyarakat dengan tujuan untuk bersyukur atas hasil laut yang telah dinikmati selama setahun terakhir.

Sedekah Laut biasanya dilaksanakan pada bulan Juni setiap tahun selama satu hari pelaksanaan.

Terdapat prosesi pelepasan perahu yang mempunyai nilai spiritual di dalamnya dengan tujuan agar aktivitas nelayan di laut Rambat tidak menemui kendala yang berbahaya.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help