Ada 20 Titik Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan di Bangka

Pak Bupati Bangka memang sudah membentuk tim tetapi saat ini memang belum melibatkan unsur TNI dan

Ada 20 Titik Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan di Bangka
Bangka Pos / Nurhayati
Kasatpol PP Kabupaten Bangka, M Dalyan Amrie 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangka, M Dalyan Amrie mengungkapkan saat ini ada surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri ditujukan kepada gubernur, walikota dan bupati, himbauannya agar membentuk tim dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan. 

Selain itu dalam rangka mendukung ASIAN Games, khususnya Kota Palembang yang menjadi tuan rumah jangan sampai terjadi kabut asap gara-gara kebakaran hutan dan lahan ini.

"Pak Bupati Bangka memang sudah membentuk tim tetapi saat ini memang belum melibatkan unsur TNI dan Polri, jadi masih terbatas internal Pemda, yang jadi leadernya petugas pemadam kebakaran, Satpol PP, Tagana, PSC, dan masyarakat yang membentuk barisan relawan kebakaran (balakar)," kata Dalyan, Selasa (21/08/2018).

Ditambahkannya, tim yang dibentuk Pemkab Bangka inilah yang saat ini dioptimalkan untuk memantau kejadian kebakaran lahan dan hutan, sehingga bisa diantisipasi dan belum taraf tinggi kejadiannya.

"Kita memang belum melibatkan unsur TNI dan Polri karena masalah anggaran yang terbatas, tapi syukurlah hingga saat ini Pemda masih bisa mengantisipasi dan mengatasi kejadian kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Bangka," ujarnya.

Diungkapkannya dari hasil pantauan dan sudah disampaikan ke pihak BPBD Provinsi Babel, jumlah titik api yang terpantau ada di beberapa tempat, yakni Kecamatan Riau silip, Belinyu, Bakam, Sungailiat dan Merawang ada sekitar 20 titik rawan kebakaran.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help