Pertama Kali Dilombakan, Begini Semaraknya Takbir Keliling dan Festival Beduk Pangkalpinang

Puluhan kendaraan berhiaskan beduk dan berbagai ornamen khas menyemarakkan takbir keliling dan festival beduk digelar Pemerintah Kota Pangkalpinang

Pertama Kali Dilombakan, Begini Semaraknya Takbir Keliling dan Festival Beduk Pangkalpinang
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Iring-iringan kendaraan peserta takbir keliling dan festival beduk yang digelar Pemkot Pangkalpinang, Selasa (21/8/2018) malam. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Puluhan kendaraan berhiaskan beduk dan berbagai ornamen khas Pangkalpinang menyemarakkan takbir keliling dan festival beduk yang digelar Pemerintah Kota Pangkalpinang, Selasa (21/8/2018) malam.

Didominasi oleh kendaraan roda empat, tampak pula kendaraan roda tiga pengangkut sampah ikut menyemarakkan acara ini.

Iring-iringan kendaraan ini kemudian dilepas oleh Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian, Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana, dan Dandim 0413 Bangka Letkol Arm Riski Budianto. Mereka memulai rute dari rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang dan akan melewati sejumlah ruas jalan dalam kota.

Pantauan Bangka Pos, tiap kendaraan diberikan waktu sekitar satu menit untuk mendemokan keterampilan mereka memukul beduk dan menyenandungkan takbir. Untuk pertama kalinya, acara takbir dan festival beduk seperti ini dilombakan di Pangkalpinang.

Biasanya tiap malam hari raya Idulfitri atau Iduladha, acara hanya diisi dengan takbir keliling tanpa dilombakan.

"Lomba seperti ini baru pertama kali dilaksnakaan di Pangkalpinang," kata Ketua Panitia Pelaksana Takbir Keliling dan Festival Beduk Kota Pangkalpinang Suparyono.

Suparyono mengatakan, pihaknya mencatat setidaknya ada 80 peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, kelurahan, organisasi keagamaan dan perwakilan masjid di Pangkalpinang.

Kata dia, takbir keliling dan festival beduk digelar untuk syiar agama, menyemarakkan Iduladha, dan sekaligus memperingati hari ulang tahun ke-73 Kemerdekanaan Republik Indonesia.

Para pemenang juara satu sampai harapan tiga akan mendapatkan hadiah berupa uang dan trofi. Acara juga dimeriahkan dengan kehadiran peserta dari Polda Babel, Brimob, dan Kodim Bangka.

"Mudah-udahan tahun depan akan kami rencanakan secara maksimal sehingga pada idulfitri dan iduladaha nanti lebih menggema," kata Suparyono.

Plt. Wali Kota Pangkalpinang M. Sopian mengatakan, selain untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah, acara ini juga digelar guna mempertahankan tradisi-tradisi keagamaan di Pangkalpinang.

Sopian bangga peserta takbir keliling dan festival beduk kali ini relatif banyak.

"Peserta yang lumayan agak banyak ini menadakan kepada kita semua bahwa kegiatan seperti ini harus kita laksanakan secara rutin untuk memperingati hari-hari besar keagamaan, khususnya di Pangkalpinang," kata Sopian. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help