Panitia Kurban Masjid Agung Sungailiat Sembelih 15 Sapi dan 5 Kambing

Ketua Panitia Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Abdullah Aidid mengatakan jumlah hewan kurban 2018 ada penurunan.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM -- Masyarakat di Sungailiat dan sekitarnya tampak antusias melihat pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 Hijriah, Rabu (22/8/2018) di belakang Gedung Taman Pendidikan Al Quran di Masjid Agung Sungailiat. Panitia Hewan Kurban Masjid Agung Sungailiat memotong sebanyak 15 ekor sapi dan lima ekor kambing.

Sapi-sapi tersebut sebanyak empat sapi berasal dari hewan kurban milik keluarga dan 11 sapi milik kelompok yang ikut arisan hewan kurban.

Diakui Ketua Panitia Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Abdullah Aidid untuk jumlah hewan kurban tahun 2018 ini dibanding dengan tahun 2017 ada penurunan.

Pemotongan hewan kurban, Rabu (22/8/2018) di halaman belakang TPA Masjid Agung Sungailiat.
Pemotongan hewan kurban, Rabu (22/8/2018) di halaman belakang TPA Masjid Agung Sungailiat. (Bangka Pos/Nurhayati)

Jumlah hewan kurban tahun 2017 sebanyak 16 ekor sapi dan tiga ekor kambing, tetapi yang dipotong di lokasi depan Masjid Agung di Hutan Wisata Sungailiat sebanyak 14 ekor dan dua ekor sapi dikirim ke Islamic Center dan Kelurahan Surya Timur.

Sedangkan untuk panitia hewan kurban pada tahun 2018 ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kalau kita lihat perkembangannya lebih meningkat dibandingkan tahun lalu. Kalau tahun lalu kisarannya lebih kurang 70 orang. Tahun ini dari rapat panitia ada 104 orang. Dari 104 ini kita adakan seleksi secara selektif yang di SK oleh Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Agung Sungailiat hanya 82 orang yang masuk SK yang disebut panitia teknis. Selain dari 82 orang ini sisanya ada 22 orang kita juga pakai yang disebut panitia non teknis dan dari umum sekitar 20 orang kita tidak ingin mengecewakan mari bersama-sama kerja dan kerja bersama. Jadi sekitar 130 orang lah," jelas Aidid.

Pembagian daging hewan kurban berdasarkan syariat Islam menurutnya dibagi tiga, 1/3 untuk fakir miskin, 1/3 untuk yang kurban dan 1/3 untuk panitia pelaksana kurban. Dari jumlah 15 ekor sapi tersebut diperkirakan berat satu sapi sekitar 80 kilogram sehingga total sekitar 1,2 ton daging sapi.

Pembagian daging kurban tersebut untuk fakir miskin di empat RT yakni RT1, RT 2, RT 3 dan RT 4 di lingkungan Komplek Pemda total sebanyak 233 rumah. Sedangkan yang berkurban satu sapi sebanyak 28 kilogram.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help