Pemotongan Hewan Kurban Masjid Agung Pindah Tidak Lagi di Hutan Wisata

Pindahnya lokasi pemotongan hewan kurban menurut Ketua Panitia Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban dilakukan perdana

Pemotongan Hewan Kurban Masjid Agung Pindah Tidak Lagi di Hutan Wisata
Bangka Pos/Nurhayati
Pemotongan hewan kurban, Rabu (22/8/2018) di belakang Gedung Taman Pendidikan Al Qur'an Masjid Agung Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM -- Pemotongan hewan kurban yang dilakukan oleh Panitia Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Masjid Agung Sungailiat pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah biasanya dilakukan di Hutan Wisata Sungailiat, Rabu (22/8/2018) pindah ke halaman belakang Gedung Taman Pendidikan Al Qur'an Masjid Agung Sungailiat.

Pindahnya lokasi pemotongan hewan kurban tersebut menurut Ketua Panitia Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Abdullah Aidid dilakukan perdana pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2018.

"Biasa di hutan lindung kemudian berubah di sini agak sedikit komprehensif karena ini dirancang dibangun khusus untuk tempat pemotongan hewan kurban. Untuk pemotongan hewan kurbannya ada lima tempat, lantai sudah semen, ada drainase atau aliran untuk darah hewan kurban yang kita potong, dan ada septitank tempat pembuangan darah, kemudian ada lagi tempat pembuangan kotoran perutnya, ada juga di sana lobang besar itu," jelas Aidid.

Tempat pemotongan hewan kurban tersebut sengaja dirancang oleh Yayasan Masjid Agung untuk mengatasi pemotongan hewan kurban setiap Hari Raya Idul Adha. Oleh karena itu setelah tempat pemotongan hewan kurban tersebut selesai dibangun Ketua Yayasan Masjid Agung mengharapkan dapat dimanfaatkan tempat tersebut untuk pemotongan hewan kurban.

'Untuk tahun ini merupakan pemotongan perdana di lokasi yang baru," ujar Aidid.

Sedangkan fungsi hutan wisata menurutnya bukan tempat pemotongan hewan kurban tetapi tempat untuk masyarakat berolahraga, berekreasi dan kegiatan lainnya.

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved